Beranda / Berita / Aceh / Tahun 2022, Program EBT Akan Ada di Aceh Timur dan Kota Langsa

Tahun 2022, Program EBT Akan Ada di Aceh Timur dan Kota Langsa

Sabtu, 15 Januari 2022 13:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : fatur
Ilustrasi panel surya. [Foto: Istimewa]

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif ditahun 2022 program untuk menerangi seluruh Indonesia akan hadir mulai dari bantuan pasang baru listrik gratis hingga pemasangan Pembangkit Tenaga Surya (PLTS) atap.

Program prioritas Kementerian ESDM yang dimaksud adalah di bidang energi baru terbarukan (EBT) dan konservasi energi serta ketenagalistrikan, di antaranya pemasangan 79 unit PLTS atap berkapasitas 2,3 MWp di 33 provinsi, 22 ribu paket penerangan jalan umum tenaga surya, dan tiga unit pembangkit listrik tenaga mikrohidro.

Sekretaris Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Aceh, Taufik, ST, M.Si mengatakan, untuk di Aceh sendiri program EBT itu ada namun tidak dalam kapasitas yang besar.

“Untuk tahun ini kita coba memprogramkan itu walaupun hanya untuk beberapa titik saja, saat ini akan direncanakan di Rooftop di kawasan Aceh Timur dan Kota Langsa,” katanya saat dikonfirmasi secara singkat oleh Dialeksis.com, Sabtu (15/1/2022).

Dirinya mengatakan, kemudian ada juga pemasangan PTS. “PTS itu lampu tenaga surya, itu difokuskan didaerah pedalaman, seperti di kawasan Aceh Tamiang, Aceh Selatan, program tersebut sebenarnya lebih tepatnya untuk daerah-daerah yang memang belum terjamah aliran listrik,” jelasnya.

Kemudian, Taufik juga mengatakan saat ini ESDM Aceh memprioritaskan pemasangan listrik-listrik di rumah yang belum berlistrik. “Itu untuk rumah bagi keluarga yang tidak mampu atau istilah kami itu rumah sederhana, untuk tahun 2022 lebih kurang ada sekitar 2000 rumah yang akan dipasang listriknya, untuk tahun sebelumnya 2021 itu ada 1.200 rumah, dan setiap tahun program ini menjadi prioritas kita, karena itu sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” jelasnya.

Taufik mengatakan, jadi masyarakat kita yang belum punya meteran listrik atau masih cangkok listrik dari tetangga atau rumah saudaranya itu akan dipasang listrik.

“Terkait EBT pemasangan di Rooftop itu akan Action tahun 2022 dan bagi kita itu masih program baru, jadi kita upayakan dengan sangat maksimal,” pungkasnya. [ftr]

Keyword:


Editor :
Alfatur

gabung 1
Komentar Anda