Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Aceh / Monev Media: Popularitas T Sama Indra-Harmaini Tertinggi

Monev Media: Popularitas T Sama Indra-Harmaini Tertinggi

Selasa, 26 Juni 2018 17:24 WIB


Foto: Ist


Dialeksis.com, Banda Aceh - Pasangan kandidat Calon Bupati/Wakil Bupati Aceh Selatan, T Sama Indra-Harmaini menjadi kandidat dengan popularitas tertinggi yang kerap muncul dalam beberapa media online di Aceh.

Hasil ini didapatkan dari monitoring media Jaringan Survei Inisiatif (JSI) yang melihat tingkat kemunculan 7 pasangan kandidat calon Bupati/Wakil Bupati Aceh Selatan di empat media online di Aceh, yaitu Serambi Indonesia (http://aceh.tribunnews.com), Media Aceh (http://mediaaceh.co), Portal Satu (http://portalsatu.com), dan AJNN (http://ajnn.net).

Monitoring media ini dilaksanakan selama lima hari (22-26 Juni 2018) dengan memanfaatkan data sekunder. Proses pertama yang dilakukan adalah melakukan tracking berita pilihan yang diambil sejak bulan Januari hingga Juni 2018. Kemudian, dilanjutkan dengan tabulasi dan input data, olah data, dan diakhiri dengan analisis data.

Hasilnya, beberapa pasangan kandidat memiliki keunggulan di tiap portal berita. Pasangan T Sama Indra-Harmaini berada di urutan teratas dengan tingkat kemunculan sebesar 100 persen di AJNN. Pasangan Husen Yusuf/Mustafril dengan persentase kemunculan 100 persen di Media Aceh.

Sementara pasangan Mirwan MS-Zirhan dan Azwir-Tgk Amran berbagi popularitas di Portal Satu yaitu masing-masing sebesar 67 persen dan 33 persen.

Hanya Serambi Indonesia yang memunculkan dua kandidat lebih, yaitu lima pasangan dengan pasangan T Sama Indra-Harmaini berada di urutan teratas sebesar dengan persentase kemunculan sebesar 38 persen, disusul Husen Yusuf-Mustafril 24 persen, Mirwan MS-Zirhan 19 persen, Azwir-Tgk Amran 14 persen, dan Karman-Afdhal Yasin 5 persen.

Secara keseluruhan, pasangan T Sama Indra-Harmaini unggul sebesar 39 persen, disusul Husen Yusuf-Mustafril 22 persen, Mirwan MS-Zirhan 21 persen, Azwir-Tgk Amran 14 persen, dan Karman-Afdhal Yasin 4 persen.

Sementara dua pasangan kandidat lainnya, yaitu Zulkarnaini-M Jasa dan Darman-Baital Makmur, sama sekali tidak mendapatkan porsi pemberitaaan di empat media online Aceh di atas. []

Editor :
Sammy

pelantikan pengurus PSC (TNI)
Komentar Anda