Logo Dialeksis
obama market
Beranda / Berita / Aceh / Bupati Rocky Buka Bursa Inovasi Desa

Bupati Rocky Buka Bursa Inovasi Desa

Rabu, 28 November 2018 13:00 WIB

Font: Ukuran: - +

DIALEKSIS.COM | Idi - Bursa Inovasi Desa (BID) Kabupaten Aceh Timur Tahun 2018 secara resmi dibuka oleh Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin H. M. Thaib, SH yang akrab disapa Rocky, yang bertempat di Gedung Idi Sport Center (ISC), Selasa (27/11).

Turut hadir dalam acara BID, Keuchik sebanyak 513 orang, Ketua ketuha Peut 513 orang, H. Hasballah Bin H.M. Thaib, SH, Dr. Maimun Kadis PMG, Bustami mewakili akademisi universitas Unsam Langsa, Usman A. Rachman Asisten II, M. Amin Asisten III, T. Amran, SE Kasat Pol PP/WH, Para Camat, Para SKPK serta para tamu dan undangan. 

Dr. Maimun Kadis PMG Kabupaten Aceh Timur dalam laporannya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan atas dasar hukum, UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa, Keputusan Menteri Desa PDTT No 83 tahun 2017 tentang Pedoman Umum Program Inovasi Desa. Surat Keputusan Bupati Aceh Timur nomor 410/633/2018 tentang Pembentukan Tim Inovasi Kabupaten Aceh Timur. 

“Memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa dalam menyelesaikan masalah dan menjalankan kegiatan pembangunan. Menjaring komitmen pemerintah desa untuk mengadopsi atau mereplikasi inisiatif atau inovasi yang dipelajari dalam bursa,” tegas Dr. Maimun.

Sementara itu, Bupati Aceh Timur H. Hasballah Bin H.M. Thaib dalam sambutan dan arahannya mengatakan, Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa penyaluran dana desa sebagai wujud komitmen pemerintah dalam menjalankan mandat UU No 6 Tahun 2014 tentang desa. Berdasarkan data nasional, penggunaan dana desa (DO) yang bersumber dari APBN belum secara langsung dapat menyentuh sektor pengembangan ekonomi.

lebih lanjut disampaikan, Pada tahun 2018 merupakan tahun kedua pelaksanaan program inovasi desa, dimana diakhir tahun anggaran maka ada langkah percepatan yang harus kita lakukan sesuai dengan petunjuk teknis dari pemerintah pusat.

Sehingga Melalui PID diberikan dana operasional kegiatan (DOK) yang ditempatkan dimasing-masing kecamatan dan dikelola oleh tim pelaksana inovasi desa (TPID) kecamatan. Bursa Inovasi Desa (BID) merupakan pameran konsep usulan kegiatan yang dianggap sudah berhasil menggerakan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat gampong

Lebih lanjut disampaikan, Pada kesempatan ini kami mengaharapkan dengan dilaksankan nya Bursa Inovasi Desa menguatkan komitmen masyarakat, pemerintah gampong dan pelaku teknis lainnya,” demikian pungkas Bupati Aceh Timur. (Admin/TI/HS/Humas_setdakab)

Editor :
Indri

obama market 2
Tsunami
Komentar Anda