dinsos
Beranda / Sosok Kita / Mualem, Sosok Sukses Dibalik Kejayaan KONI Aceh

Mualem, Sosok Sukses Dibalik Kejayaan KONI Aceh

Minggu, 05 Juni 2022 13:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Akhyar

Muzakir Manaf/Antara


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Selama dua periode kepengurusan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Aceh, Muzakkir Manaf layak dinyatakan sebagai sosok yang sukses meningkatkan prestasi olahraga di Aceh.

Capaian kesuksesan KONI Aceh di bawah komando Mualem, sapaan akrabnya, dalam membina para atlet lokal untuk bertanding di kancah nasional maupun lintas internasional bisa dilihat dari banyaknya perolehan medali yang dibawa pulang para atlet dalam berbagai perhelatan ajang olahraga.

Semisal pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX tahun 2016 yang dilaksanakan di Jawa Barat, Provinsi Aceh berhasil meraih 8 medali emas, 7 medali perak dan 9 medali perunggu.

Pada PON XX tahun 2021 di Papua, Aceh berhasil menyabet rekor dengan capaian 11 medali emas, 7 perak, dan 11 perunggu.

Di lintas internasional, atlet binaan KONI Aceh bahkan berhasil tembus ke SEA Games Vietnam, dan hal itu tentu saja tidak lepas dari sosok Mualem yang memainkan peran penting dalam kepengurusan KONI Aceh.

Selain torehan prestasi, di masa mendatang Provinsi Aceh bahkan dipercayai menjadi tuan rumah event Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera di tahun 2023, dan tuan rumah PON XXI pada tahun 2024 bersama dengan Sumatera Utara.

Di Bawah kepemimpinan Mualem, KONI Aceh bisa dikatakan bertabur banyak prestasi. Sebenarnya apa rahasia Mualem memimpin KONI Aceh, apa saja yang ia lakukan di belakang layar sehingga atlet binaan KONI Aceh mampu membawa kejayaan dalam berbagai event olahraga, berikut rangkuman hasil Litbang Dialeksis.com.

Mualem Nggak Mau Kerja “Cilet-cilet”

Mualem terkenal sebagai sosok yang sangat tegas mengarahkan kepengurusan KONI Aceh untuk berbuat yang terbaik. Ketegasannya pernah terlihat dalam rapat pleno perdana KONI Aceh membahas Pelatda 2021 hingga persiapan PON 2024 di Sekretariat KONI Aceh, hari Rabu tanggal 10 Februari 2021.

Pada saat itu, Mualem mengimbau seluruh pengurus KONI Aceh agar benar-benar mempersiapkan segalanya semaksimal mungkin. Ia menekankan agar pekerjaan yang dilakukan para pengurus betul-betul kerja serius, bukan kerja “cilet-cilet.”

Mengapresiasi Usaha Atlet

Mualem sangat menghargai usaha para atlet yang ikut bertanding untuk mengharumkan nama Aceh. Di beberapa kesempatan, bahkan Mualem sendiri sempat menyerahkan insentif bonus kepada para atlet yang berhasil membawa pulang medali kejuaraan.

Terjun ke Lokasi Semangati Atlet Aceh Bertanding

Pada perhelatan SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam, Mualem beserta para pimpinan KONI Aceh lainnya datang langsung ke lokasi pelaksanaan memberikan dukungan kepada atlet Aceh yang ikut tergabung sebagai kontigen Indonesia di SEA Games Vietnam. Mualem juga menyerahkan “bungong jaroe” kepada para atlet Aceh yang bertanding saat itu sebagai tambahan motivasi.

Manifestasi Mualem Nahkodai KONI Aceh

Dalam sebuah kesempatan, Mualem pernah berkata bahwa mengurus KONI Aceh layaknya memelihara sebuah pohon. Agar pohon itu tumbuh dengan baik, perlu bibit berkualitas, pupuk yang bagus, air yang mencukupi dan cara pemeliharaan yang benar. Bagi Mualem, prestasi tidak bisa ditoreh secara instan. Semuanya butuh proses yang didukung dengan berbagai elemen lainnya.(Akhyar)

Keyword:


Editor :
Redaksi

dinas perikanan
dinas pendidikan dayah
esdm
Komentar Anda