arc
Beranda / Sosok Kita / Mengenang Aktor Christopher Plummer Sepanjang Karier di Film

Mengenang Aktor Christopher Plummer Sepanjang Karier di Film

Minggu, 07 Februari 2021 23:50 WIB

Font: Ukuran: - +

Christopher Plummer, Foto: Sipa USA via AP


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Aktor pemenang Oscar Christopher Plummer meninggal dunia pada umur 91 tahun di rumahnya di kawasan Weston, Connecticut, Amerika Serikat, pada Kamis (5/1) lalu. Ia pergi dengan tenang di samping istri sekaligus sahabat terbaiknya selama 53 tahun, Elaine Taylor.

Christopher Plummer merupakan aktor asal Kanada dengan karya-karya luar biasa yang tak kan mudah dilupakan. Penampilannya yang paling dikenal antara lain dalam The Sound of Music (19665), The Man Who Would Be King (1975), Murder by Decree (1979), Somewhere in Time (1980), Star Trek VI: The Undiscovered Country (1991), The Insider (1999), A Beautiful Mind (2001), Up (2009), Beginners (2010), All the Money in the World (2017), dan Knives Out (2019).

Sebelum debut sebagai aktor layar lebar, Christopher lebih dulu meniti karir secara profesional di panggung dan radio. Sejak muda, tepatnya di usia 24 tahun, ia sudah memulai karirnya dengan tampil dalam produksi Nina. 

Debut filmnya dimulai pada 1958 lewat film Stage Struck, namun nama Christopher Plummer sendiri jadi tenar setelah membintangi The Sound of Music (1956) sebagai Captain Georg von Trapp yang begitu ikonik.

Sejak itu, ia terus tumbuh sebagai aktor dengan kualitas akting yang menawan. Film demi film ia lakoni, hingga bahkan hingga 2019 lalu dalam sebuah film perang berjudul The Last Full Measure. Ia juga dikabarkan akan mengisi suara dalam film berjudul Heroes of the Golden Masks yang rilis tahun ini.

Tak terhitung berapa nominasi dan penghargaan film yang diterima Christopher Plummer sepanjang hidupnya. Beberapa penghargaan paling bergensi yang ia terima adalah Best Supporting Actor dalam film Beginners (Academy Awards), Best Actor in a Musical dalam Cyrano (Tony Awards), Best Actor in a Play lewat film Barrymore (Tony Awards), Outstanding Actor “ Limited Series or a Movie dalam Arthur hailey’s the Moneychangers (Primetime Emmy Awards), Outstanding Voice-Over Performance lewat film Madelline (Primetime Emmy Awards), dan dianugerahi Lifetime Achievement oleh Canadian Screen Award pada 2016 lalu.

Sahabat sekaligus kawannya, Lou Pitt, merilis pernyataan resmi sebagai berikut, “Chris adalah seorang pria luar biasa yang secara mandalam mencintai dan menghormati profesinya dengan sikap khas yang hebat, humor yang (ditujukan untuk) mencela dirinya sendiri, serta irama kata-kata. Dia adalah harta karun nasional yang benar-benar menghargai akarnya sebagai seorang yang berasal dari Kanada. Melalui seni dan rasa kemanusiaannya, dia menyentuh semua hati kita dan kehidupan legendarisnya akan bertahan untuk seluruh generasi mendatang. Dia akan selamanya bersama kita,” ujar Lou [beritabaru.co].

Keyword:


Editor :
Redaksi

Berita Terkait
    walikota
    dinas syariat aceh tenggara idul adha
    arsip idul adha
    Komentar Anda