dinsos
Beranda / Sosok Kita / Itjen Kemenag RI Faisal Ali Hasyim, Putra Aceh Kebanggaan Nasional

Itjen Kemenag RI Faisal Ali Hasyim, Putra Aceh Kebanggaan Nasional

Sabtu, 01 Oktober 2022 13:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Nora

Dr Faisal Ali Hasyim SE MSi CA CSEP selaku Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemenag RI. [Foto: Ist]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Dr Faisal Ali Hasyim SE MSi CA CSEP kini menjabat sebagai Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Agama (Kemenag) RI. Faisal merupakan putra Aceh kelahiran Pidie yang sudah lama berkarir di pusat.

Sebelumnya, posisi itu dijabat oleh Plt Prof Nizar Ali MAg yang juga Sekjen Kemenag RI.

Faisal Ali Hasyim merupakan putra Aceh kelahiran Pidie, pernah memimpin PW Ansor Aceh, saat ini ia juga menjabat sebagai Wakil Bendahara PBNU.

Berdasarkan penelusuran Litbang Dialeksis.com, Faisal juga menjadi orang Aceh pertama yang dipercayakan sebagai Itjen Kemenag RI.

Ia merupakan alumni SMAN 3 Banda Aceh dan menjadi alumni Universitas Syiah Kuala (USK) pada tahun 1995. Lalu, ia melanjutkan S2 dan S3 di Universitas Padjadjaran.  

Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Bangka Belitung sejak tahun 2018. 

Ia juga pernah menjabat Plt Direktur Pertahanan dan Keamanan (Hankam) BPKP dan Direktur Pangan, Energi, dan Sumber Daya Alam (SDA) BPKP.

Faisal dikenal sebagai sosok yang menjunjung tinggi asas transparansi dan akuntabilitas dalam menjalankan amanah yang diberikan kepadanya. 

Dirinya kerap kali menjalankan fungsinya dan jobdesk yang melekat dengan menjunjung tinggi prinsip profesionalisme dan berintegritas di setiap aktivitas kerjanya di kelembagaan Kemenag RI. Bahkan, dari rekam jejak monitoring media, Faisal tidak sungkan berjibaku turun ke lapangan untuk mengawasi dan mengecek kegiatan fisik maupun non fisik. 

Jenjang karier yang dimulai dari seorang Auditor pertama di BPKP Sulawesi Tengah sejak 1997-2001 menjadi pengalaman kerja pertamanya sejak memperoleh gelar Sarjana. Tahun berikutnya, jabatannya mulai naik menjadi Auditor Muda dari tahun 2001-2014. 

Dedikasi yang telah dilakukan Faisal, bukanlah suatu hal yang mudah karena banyak orang yang memiliki kualitas, kapasitas hingga ia harus bersaing dengan maksimal. Maka, tidak heran jika banyak pihak yang menyampaikan apresiasi dan pujian kepadanya. 

Salah satunya, dari Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Aceh, Dr. H. Iqbal, S.Ag, M.Ag.  Iqbal mengatakan, kepercayaan yang diberikan kepada putra Aceh pada posisi Itjen Kemenag RI menjadi kebanggaan keluarga besar Kemenag Aceh dan kebanggaan semua masyarakat Aceh.

Menurut Iqbal, penempatan Dr Faisal sebagai Itjen Kemenag merupakan pilihan yang tepat, dikarenakan yang bersangkutan memiliki kapasitas dan juga memiliki kemampuan dalam melaksanakan fungsi pengawasan dan fungsi pengelolaan keagamaan dengan baik di negeri ini.

Di sisi lain, sosok Faisal selaku Itjen Kemenag RI merupakan sosok yang dikenal humble, humanis, dan komunikatif dalam merajut relasi antar lintas sektor. 

Dikatakan, bahkan sosok Faisal di kalangan rekan dan kolega tidak lupa diri membantu sesamanya. (Nor)

Keyword:


Editor :
Redaksi

dinas perikanan
dinas pendidikan dayah
esdm
Komentar Anda