Beranda / Gaya Hidup / Seni - Budaya / Festival Seni Budaya Etnis Alas-Gayo Bakal Digelar 15-16 November di Banda Aceh

Festival Seni Budaya Etnis Alas-Gayo Bakal Digelar 15-16 November di Banda Aceh

Senin, 14 November 2022 20:45 WIB

Font: Ukuran: - +

Foto: Dok. Disbudpar Aceh 

DIALEKSIS.COM | Senibudaya - Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, selama dua hari, Selasa dan Rabu (15-16/11/2022), akan menggelar Festival Seni Budaya Etnis Alas-Gayo, di Amel Hotel and Convention Hall, Banda Aceh.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Almuniza Kamal menyampaikan, kegiatan yang mengangkat tema “Gemuruh Seni dan Budaya Tanoh Alas - Gayo” ini akan menampilkan sejumlah pementasan seni dan budaya dari Tanah Alas dan Gayo.

“Melalui event ini diharapkan dapat memperkenalkan keunikan seni dan budaya Tanoh Alas dan Gayo kepada masyarakat luas. Event ini juga bertujuan mempromosikan tanoh Alas dan Gayo sebagai salah satu destinasi wisata dengan corak budaya yang khas,” sebutnya, Senin (14/11/2022).

Almuniza menambahkan, pada festival tersebut, pengunjung dapat menyaksikan beragam pagelaran kesenian teatrikal seperti tari Guel, Didong, Reusam Berume, Pongot, Tangis Dilo, Pelebat, Saman dan tari kreasi.

Dalam festival ini juga turut dimeriahkan oleh penampilan dari sejumlah seniman lokal bertalenta seperti Sanggar Linge, Abd Jali, Ervan Ceh Kul dan OrangUtan Squad.

Kabid Sejarah dan Nilai Budaya Evi Mayasari menyebutkan, selain dimeriahkan oleh pentas seni bertabur bintang lokal Aceh, pengunjung dapat mengenal lebih dalam lagi sejarah dan potensi alam Alas - Gayo.

“Pengunjung dapat melihat langsung kerajinan kerawang Gayo di booth yang tersedia, kebun kopi indoor, self foto booth menggunakan pakaian adat Alas dan Gayo Lues, serta riwayat sejarah dan budaya mengenai tanoh Alas,” tuturnya. [DBP]

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
distanbun 12
Komentar Anda