Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Gaya Hidup / Seni - Budaya / Angkat Potensi Lokal Lewat Mural, Disbudpar Aceh Gandeng Komunitas Seni Rupa

Angkat Potensi Lokal Lewat Mural, Disbudpar Aceh Gandeng Komunitas Seni Rupa

Rabu, 29 Mei 2019 14:56 WIB

Font: Ukuran: - +

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Budaya Aceh sarat dengan kekhasan warna, mulai dari merah, kuning, hijau dan hitam. Dari setiap warna ini tersebut memiliki makna tersendiri yang menyimpan ragam potensi dan kearifan lokal.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh melihat, pontensi lokal ini bisa dikembangkan sebagai bagian dari promosi pariwisata lewat seni mural bersama anak-anak muda.

“Seni rupa memang sudah melekat pada budaya Aceh, ini membuktikan bahwa seni rupa harus dijadikan sebagai bagian promosi kebudayaan Aceh,” sebut Kadisbudpar Aceh Jamaluddin, Selasa (28/5/2019).

Kehadiran komunitas seni rupa, sebut Jamal, dinilai penting untuk mengkolaborasikan unsur seni dan budaya terlebih lewat karya-karya mural.

“Tahun ini kita angkat seni rupa tersebut lewat The Art of Color Sensation 2019, yang nantinya akan kita ajak anak-anak muda untuk ikut kreasikan karyanya kepada publik dan wisatawan,” imbuh Jamal.

Seperti kita ketahui, kegiatan seni rupa yang mengungkapkan keindahan lewat unsur-unsur rupa seperti garis dan warna dengan perantara alat, bahan dan teknik nantinya akan diwujudkan dalam bentuk dua dimensi dan juga tiga dimensi.

“Seni rupa berperan penting dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan suatu daerah. Tak terkecuali Aceh yang memiliki banyak peninggalan sejarah dalam bentuk seni rupa,” tambah Jamal.

The Art of Color Sensation 2019 sendiri akan dihelat selama dua hari, 15-16 Juni mendatang di Gampong Nusa, Lhoknga, Aceh Besar.

Kepala Bidang Bahasa dan Seni Disbudpar Aceh, Suburhan menambahkan, sejumlah komunitas seni rupa dan mural yang ada di Aceh juga akan ikut terlibat nantinya dalam kegiatan ini.

“Selain melibatkan komunigas seni rupa dan mural, kegiatan ini juga dikemas dengan nuansa ala gampong dengan dimeriahkan juga oleh hiburan dan penampilan seni tari,” kata Suburhan.

Berbagai agenda pun telah dipersiapkan oleh panitia, mulai dari Artworks Exhibition; Live Performance (Live Jamming & Meet n Sketch); Talkshow & Sharing session; Mural Teaching Program serta yang tidak ketinggalan, yakni menikmati kuliner khas Gampong Nusa.

“Sensasi lainnya juga akan memanjakan Anda nantinya saat mengunjungi Gampong Nusa lewat keindahan panorama alam, keunikan budaya dan aneka kuliner khas gampong seperti Ie Bu Peudah, Pizza Aceh, keripik On Temurui dan masih banyak lainnya,” tutur Suburhan.

Jadi, jangan lewatkan untuk hadir dan menyaksikan secara langsung The Art of Color Sensation 2019 yang pastinya bakal dijamin seru dan meriah.

(Disbudpar  Aceh)


Editor :
Pondek

Komentar Anda