Beranda / Politik dan Hukum / 22.527 Pemilih Disabilitas di Aceh Siap Ramaikan Pilkada 2024

22.527 Pemilih Disabilitas di Aceh Siap Ramaikan Pilkada 2024

Rabu, 02 Oktober 2024 19:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Nora

Seorang penyandang tunanetra dituntun pendampingnya memasuki Tempat Pemungutan Suara (TPS). Foto: ANTARA


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh mencatat sebanyak 22.527 pemilih disabilitas akan berpartisipasi dalam Pilkada Aceh 2024. Data ini terdiri dari berbagai kategori disabilitas, termasuk fisik, intelektual, mental, dan sensorik, yang tersebar di 23 kabupaten/kota.

Rinciannya, pemilih dengan disabilitas fisik berjumlah 8.919 orang, disabilitas intelektual sebanyak 1.802 orang, disabilitas mental mencapai 4.161 orang, disabilitas sensorik wicara 4.337 orang, sensorik rungu 1.240 orang, dan disabilitas sensorik netra tercatat 2.068 orang.

Partisipasi pemilih disabilitas ini menjadi perhatian khusus bagi KIP Aceh. Pemilu yang inklusif menjadi tujuan utama, dengan memastikan setiap warga negara, termasuk penyandang disabilitas, dapat menggunakan hak pilihnya tanpa hambatan.

Mereka berharap dengan dukungan yang tepat, pemilih disabilitas tidak hanya hadir, tetapi juga merasa nyaman dan mampu menyuarakan pilihannya dengan baik.

Pemilih disabilitas diharapkan dapat memainkan peran penting dalam Pilkada Aceh 2024, sebagai wujud nyata dari demokrasi yang inklusif dan setara. Semua pihak, termasuk pemerintah daerah, diimbau untuk mendukung terselenggaranya pemilu yang ramah disabilitas dan memastikan aksesibilitas yang memadai di setiap TPS.***

Keyword:


Editor :
Alfi Nora

riset-JSI
Komentar Anda