Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Klinik Kita
Beranda / Gaya Hidup / Otomotif / Boss Nissan dipecat

Boss Nissan dipecat

Sabtu, 24 November 2018 12:19 WIB

Carlos Ghosn dipecat Nissan


DIALEKSIS.COM | Tokyo - Nissan Motor Co memecat Carlos Ghosn sebagai pimpinan perusahan itu pada Kamis (22/11), para dewan yang menjadi pemilik saham juga membatasi kekuasaan manajemen perusahan yang selama dua dasawarsa terakhir memiliki kekuasaan di pabrik mobil Jepang. 

Dalam pertemuan selama berjam-jam, dewan direksi perusahaan dengan suara bulat memutuskan untuk mengeluarkan Carlos Ghosn sebagai direktur dan sebagai wakil direktur.

Manajemen Nissan menyebutkan sedang dilakukan penyelidikan internalnya terhadap Carlos Ghosn yang melakukan kesalahan serius termasuk kurang melaporkan pendapatan dan penyalahgunaan aset perusahaan.

Penangkapan dan pemecatan Carlos Ghosn merupakan kasus besar dalam industri otomotif. terlebih setelah Carlos Ghosn membantu mendorong penjualan 10,6 juta unit mobil nissan tahun lalu, mengalahkan pesaingnya.

Mitra Nissan, Renault masih belum pulih dari penangkapan Carlos Ghosn Senin lalu dan saham perusahan itu masih anjlok.

Wakil CEO Thierry Bollore, berbicara secara terbuka Kamis malam untuk pertama kalinya sejak Carlos Ghosn dipecat, ia dan perusahaan berusaha menenangkan pasar, pembeli mobil dan karyawannya dengan menjanjikan keberlanjutan perusahan itu

Dalam video yang dirilis oleh Renault, Bollore mengatakan produsen mobil itu masih berencana untuk merilis beberapa model baru tahun depan. Mengakui "situasi tertentu" yang ada di perusahaan, ia menjanjikan "komitmen penuh" -nya kepada 180.000 pekerja Renault dan mitra serta pelanggannya. Dewan Renault memutuskan untuk tidak memecat Carlos Ghosn, alih-alih memasang kepemimpinan sementara.

Pemerintah Perancis, yang memiliki 15 persen Renault, juga khawatir. Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire mengatakan Kamis bahwa Perancis belum menerima informasi dari Jepang tentang apa Ghosn dituduh dan bersikeras "menghormati asas praduga tak bersalah."

Berbicara kepada The Associated Press, Le Maire mengatakan "turbulensi ini seharusnya tidak melemahkan" aliansi Renault-Nissan atau ratusan ribu pekerjaannya.

Nissan mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diajukan ke Bursa Efek Tokyo bahwa penyelidikannya menemukan penyalahgunaan dana investasi perusahaan dan biaya uang untuk keuntungan pribadi.

The Wall Street Journal, mengutip sumber anonim yang dekat dengan investigasi Nissan, melaporkan bahwa Ghosn menggunakan dana perusahaan untuk membeli rumah pribadi dan memperkaya saudara perempuannya.

Eksekutif Nissan lainnya, Greg Kelly, ditangkap di Jepang karena dicurigai berkolaborasi dalam kesalahan dan juga akan diberhentikan sebagai wakil direktur, kata Nissan. Pengganti mereka akan diputuskan nanti, katanya. APNews

Editor :
Redaksi

IKLAN SYAMSUL RIZAL ACADEMIC LEADER 2018
Komentar Anda