Beranda / Gaya Hidup / Olah Raga / Tim E-Sport Aceh untuk Divisi PES Diwakili Atlet Pidie dan Banda Aceh

Tim E-Sport Aceh untuk Divisi PES Diwakili Atlet Pidie dan Banda Aceh

Senin, 06 September 2021 23:00 WIB

Font: Ukuran: - +


Tim Esport Aceh. [Foto: Ist.]

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Setelah mendapatkan pengakuan KONI, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Pusat 2020 yang berlangsung secara virtual pada 25-27 Agustus 2020, sebagai salah satu cabang olahraga resmi di Indonesia, tahun ini E-Sport memulai kiprah prestasinya.

Kali ini, cabang E-sport mendapat kesempatan untuk menjadi cabang olahraga eksibisi di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Esport telah memasuki tahap Pra PON setelah menyelesaikan tahap kualifikasi provinsi. 

Ketua Umum Pengurus Provisi ESI Aceh, Muhammad Abduh Ras, mengatakan, tahap kualifikasi provinsi telah berlangsung hingga 5 September lalu. 

"Tahap Pra PON akan dimulai besok Selasa (7/9/2021) hingga 15 September 2021," ucap Muhammad Abduh Ras.

Ada empat nomor cabang E-sport yang akan dipertandingkan pada PON XX Papua. Keempat nomor tersebut, yaitu Free Fire, Mobile Legends, PES 2021, dan PUBG Mobile. Sementara satu nomor lagi yakni Lokapala hanya memainkan pertandingan persahabatan.

Pada tahap Pra PON sebanyak 34 provinsi akan memperebutkan 11 slot tim Free Fire, lima orang PES, lima tim Mobile Legends dan 15 tim PUBG Mobile. 

"Nantinya, para atlet yang lolos seleksi akan mewakili Aceh bertanding pada Pertandingan Eksibisi E-Sport di PON XX Papua, dan pertandingannya akan digelar lebih kurang selama lima hari mulai 22-26 September," kata Muhammad Abduh Ras, Senin (6/9/2021).

Terpilihnya E-Sport sebagai cabang eksibisi PON XX Papua berdasarkan Instruksi Presiden No 4 Tahun 2021 tentang Dukungan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional. Tujuannya agar ekosistem E-Sport Tanah Air bisa terus maju dan menelurkan bibit-bibit atlet E-Sport yang mampu membawa nama Indonesia berkibar di kancah dunia.

Di kesempatan yang sama, Ketua Bidang Kompetisi, Wasit dan Atlet, Kausar mengatakan, untuk Divisi PES, Aceh akan diwakilkan oleh atlet dari Kabupaten Pidie dan Kota Banda Aceh. 

“Setelah seleksi daerah, yang sudah kami lakukan pada 4 September 2021 lalu, pemain dari Kabupaten Pidie bernama Muhammad Haekal, dan Alfarizi dari Kota Banda Aceh, berhasil Lolos ke pertandingan Pra PON. Walaupun akhirnya harus gugur oleh atlet dari Provinsi Maluku Utara,” ungkap Muhammad Al Kausar.

Masih ada tiga divisi cabang olah raga lain di E-Sport yang akan dipertandingkan, yaitu Mobile Legend tanggal 9-10 September 2021, Free Fire 11-12 September 2021, dan PUBG Mobile 13-14 September 2021. [rel]

Keyword:


Editor :
Indri

gabung 1
Komentar Anda