demokrat muslim
Beranda / Gaya Hidup / Olah Raga / Ditawarkan Melatih Klub China, Shin Tae-yong: Saya Pilih Timnas Indonesia

Ditawarkan Melatih Klub China, Shin Tae-yong: Saya Pilih Timnas Indonesia

Selasa, 24 Januari 2023 12:07 WIB

Font: Ukuran: - +

Shin Tae-yong 

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (Foto: PSSI)


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Sebelum melatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dikabarkan hampir melatih Timnas Thailand. Sebelum mendarat di Indonesia pelatihan sedang viral itu banyak tawaran melatih, tapi dia tetap memilih Timnas Indonesia.

Selain itu tawaran juga turun ke dirinya dengan melatih sebuah klub lokal di China.

Klub asal China itu hanya memberi Shin Tae-yong kontrak satu tahun saja. Berbeda dengan PSSI yang menawarinya kontrak tiga tahun.

Dikutip dari laman Sportalkorea, Shin Tae-yong bercerita dia dihubungi klub China itu sejak April 2019. Namun tarawan itu dia tolak.

“Klub China menghubungi saya sejak April 2019. Namun, saya memilih Timnas Indonesia. Ketika saya memimpin Timnas Korea Selatan, saya merasakan hal yang berbeda ketimbang menangani sebuah klub,” kata Shin Tae-yong dikutip dari Suara.com.

Perburuan Shin Tae-yong itu terjadi karena Shin Tae-yong dianggap berhasil membawa Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

Termasuk Indonesia yang memburu Shin Tae-yong saat itu. Akhirnya dapat. 

Setelah resmi menukangi Timnas Indonesia pada akhir tahun 2019, Shin Tae-yong pun dianggap memberikan banyak perubahan dan menunjukkan proses nyata.

Ia berhasil menyulap Timnas Indonesia yang identik dengan pemain berumur dan digantikan dengan para pemain muda potensial.

Selain itu, Shin Tae-yong juga berhasil membawa Timnas Indonesia ke final Piala AFF 2020 dan juga lolos ke Piala Asia 2023 untuk pertama kalinya dalam 16 tahun terakhir.

Tak hanya di tim senior, di level kelompok umur pula Shin Tae-yong juga berhasil membawa Timnas U-20 lolos ke Piala Asia U-20 2023.

Hingga artikel ini dibuat, Shin Tae-yong tercatat telah memimpin 29 pertandingan dengan catatan 16 kemenangan, 7 hasil imbang, dan 6 kekalahan saja.

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

dispora, ksp, perpadi
Komentar Anda