Logo Dialeksis - Masker
Beranda / Berita / Nasional / Wapres Minta Harga Kedelai Kembali Normal dan Perlu Bina Petani Kedelai Oleh Mentan

Wapres Minta Harga Kedelai Kembali Normal dan Perlu Bina Petani Kedelai Oleh Mentan

Kamis, 07 Januari 2021 08:30 WIB

Font: Ukuran: - +


Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin [Foto: KIP/Setwapres]

DIALEKSIS.COM | Jakarta - Selain meminta harga kembali normal, Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga meminta Kementerian Pertanian membina para petani kedelai.  

Hal tersebut disampaikan Wapres kepada Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat bertemu di kediaman dinas, Rabu (6/1/2020).

"Jadi tadi Wapres meminta itu (pembinaan petani kedelai) dan Mentan menyanggupi dalam artian akan turun ke lapangan," ujar Juru Bicara Wapres Masduki Baidlowi kepada wartawan, Rabu malam.

Masduki mengatakan, Mentan telah mengetahui sentra-sentra pengembangan kedelai di daerah. Dengan demikian, upaya pembinaan petani pun akan mudah untuk dilakukan.

Bahkan, kata dia, muncul gagasan untuk mengajak organisasi di pesantren, khususnya di daerah-daerah sentra kedelai untuk mengembangkan produksi kedelai.

"Kalau memang ada kemungkinan untuk dikembangkan kedelai, maka dia akan koordinasi," ucap Masduki.

Selain itu, dalam pertemuan juga Wapres meminta Mentan mengembalikan harga kedelai menjadi normal. Pasalnya, saat ini harga kedelai melonjak tinggi sehingga membuat masyarakat, terutama pengrajin tahu dan tempe keberatan.

Masduki mengatakan, salah satu cara yang disarankan Wapres Ma'ruf untuk mengembalikan harga kedelai tersebut adalah dengan menggelar semacam operasi pasar (Kompas.com).


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda