Logo Dialeksis
Beranda / Berita / Nasional / Wapres: Kampus Miliki Peran Penting Cegah Radikalisme

Wapres: Kampus Miliki Peran Penting Cegah Radikalisme

Kamis, 20 Februari 2020 08:04 WIB

Font: Ukuran: - +

Wapres Ma'aruf Amin. Foto: Merdeka.com

DIALEKSIS.COM | Jakarta - Perguruan tinggi menjadi tempat strategis dalam pembinaan karakter dan pembinaan memiliki peran penting untuk pencegahan masuknya radikalisme. Oleh karena itu, kampus harus lebih banyak menyampaikan narasi tentang toleransi atau kerukunan, sikap cinta kepada sesama, nasionalisme, patriotisme dan bela negara kepada para mahasiswa.

“Saya berkeyakinan upaya penanggulangan radikal terorisme dari hulu ke hilir harus dimulai dari pendidikan. Karena itu, peran lembaga pendidikan termasuk kampus, sangat penting,” kata Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin saat memberikan kuliah umum yang bertajuk Penangkalan Paham Radikalisme di Kalangan Mahasiswa di Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB),  Rabu (19/2).

Menurut Wapres, perguruan tinggi juga harus paham tahapan-tahapan perubahan pada seseorang yang semula tidak memiliki pikiran radikal hingga menjadi radikal. Ia mengingatkan, salah satu pemicu terjadinya radikalisasi ialah adanya intoleransi di masyarakat yang dapat menggerus rasa kemajemukan bangsa.

“Oleh karena itu, kita harus menjaga dan mengembangkan teologi kerukunan dalam berbangsa dan bernegara,” katanya.

Dalam mengantisipasi penyebaran radikalisme di perguruan tinggi, ujarnya, pemerintah melalui Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) telah membuat kerangka yang dapat digunakan sebagai panduan penangganan radikalisme.

Hadir dalam kuliah umum Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo, Wali Kota Mataram Ahyar Abduh, Anggota DPR RI Helmi Faishal Zain, dan Pangdam IX Udayana Benny Susianto.

Wapres juga sempat mengunjungi rumah tahan gempa yang telah selesai dibangun dan siap huni oleh para korban gempa Lombok. Rumah-rumah itu berada di Dusun Gontoran Barat, Kelurahan Bertais, Kota Mataram.

Ia nerharap masyarakat puas dengan hasil pembangunan rumah tahan gempa itu.

“Mudah-mudahan masyarakat puas dengan hasil pembangunan yang telah dilakukan,” ujar Wapres.

Ia menyatakan, pemerintah akan terus berusaha memberikan program pembangunan dengan kualitas terbaik. Dengan hadirnya rumah tahan gempa yang baik, diharapkan masyarakat dapat membangun kehidupan lebih baik di masa yang akan datang. (im/mediaindonesia)



Editor :
Im Dalisah

dalimi
utu lebaran
Komentar Anda
hendri budian