Beranda / Berita / Nasional / Pemilu 2024, Masyarakat Diimbau Kendalikan Main Medsos

Pemilu 2024, Masyarakat Diimbau Kendalikan Main Medsos

Jum`at, 17 November 2023 14:00 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengimbau masyarakat bijak dalam bermedia sosial. Masyarakat diminta tidak sembarangan meneruskan pesan yang belum jelas sumber dan kebenarannya kepada orang lain.

"Semua pengguna WhatsApp tolong kendalikan jempolnya," kata Budi dalam seminar secara daring, Kamis (16/11/2023).

Budi mengingatkan masyarakat selalu cek dan ricek sebuah informasi. Hal itu penting untuk menghindari penyebaran informasi yang keliru atau misinformasi.

"Jika pesan atau konten meragukan, tidak jelas sumbernya, provokatif, dan manipulatif maka sebaiknya tidak usah ikut disebar," papar dia.

Budi menyebut upaya mengecek informasi cukup mudah. Masyarakat bisa membandingkan satu informasi dengan informasi lainnya.

"Atau ke lembaga pengecek fakta lainnya untuk meng-counter disinformasi yang beredar. Kolaborasi multi stakeholder adalah kunci perwujudan pemilu (pemilihan umum) yang damai," ujar dia.

Menurut Budi, seluruh pihak berperan menyukseskan pemilu termasuk di ruang digital. Baik itu platform digital, pelaku bisnis, akademisi, dan masyarakat umum.

"Harus bergerak bersama menggelorakan ruang digital yang sehat dan kondusif sepanjang Pemilu 2024 demi kejayaan dan kemajuan Indonesia," ucap dia.

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

kip
riset-JSI
Komentar Anda