Caleg
Beranda / Berita / Nasional / Kemenag dan KJRI Jeddah Gelar Indonesian Hajj Expo 2023

Kemenag dan KJRI Jeddah Gelar Indonesian Hajj Expo 2023

Kamis, 02 Februari 2023 13:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Dirjen PHU Hilman Latief


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Guna rangka perkuat ekosistem ekonomi haji, Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (Ditjen PHU) Kementerian Agama (Kemenag) bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah menggelar Indonesian Hajj Expo 2023. Acara ini berlangsung dua hari, 1“2 Februari 2023 di Balai Nusantara Jeddah.

Indonesian Hajj Expo diikuti para pelaku usaha yang terdiri para calon penyedia layanan katering jemaah haji Indonesia, para importir dan pemasok produk-produk Indonesia, serta pengusaha UKM Indonesia.

“Kami dua hari ini menggelar Indonesian Hajj Expo 2023. Di sini, kami pertemukan para pelaku usaha Arab Saudi dan pelaku usaha Indonesia. Salah satu tujuannya, agar produk-produk Indonesia semakin banyak digunakan untuk memenuhi kebutuhan dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umrah,” terang Dirjen PHU Hilman Latief di Jeddah, dalam siaran pers yang diterima Dialeksis.com, Kamis (2/2/2023).

Hilman mengatakan, dimensi dalam penyelenggaraan ibadah haji dan umrah tidak hanya persoalan ibadah. Penyelenggaraan haji dan umrah juga mengandung unsur perniagaan.

“Jika ini dapat dikelola dan dikembangkan dengan baik, tentu akan memberikan manfaat secara ekonomi bagi semua pihak yang terlibat di dalamnya, termasuk masyarakat Indonesia,” paparnya.

Ke depan, lanjut Hilman, Arab Saudi sebagai negara tempat pelaksanaan ibadah haji dan umrah dan Indonesia sebagai pengirim jemaah terbanyak sedunia, perlu terus meningkatkan kerja sama jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang.

“Sinergi ini perlu terus dimaksimalkan untuk saling memberikan manfaat ekonomi bagi kedua negara,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, ada banyak produk Indonesia yang dihadirkan dalam Indonesian Hajj Expo 2023. Produk tersebut antara lain kopi, teh, kecap saos sambal, pudding, jamur kemasan kaleng, beragam produk mie, santan bubuk, tepung krispi, gula merah, kemiri, margarin, beras, bubur kacang hijau atau ketan hitam, sambel terasi, ikan tuna kaleng, dan aneka kebutuhan ikan beku.

Ada juga aneka macam bumbu pasta, mulai dari bumbu semur, bumbu kuning, bumbu Lombok ijo, bumbu gulai, bumbu pindang, bumbu asam manis, bumbu balado, bumbu rica, dan bumbu tongseng.

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda