Beranda / Berita / Nasional / Daftar Universitas Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2023, Siapa Jadi Juaranya?

Daftar Universitas Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2023, Siapa Jadi Juaranya?

Minggu, 06 November 2022 10:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Biyu
Universitas Indonesia menjadi peringkat pertama Universitas Terbaik versi THE WUR 2023. [Foto: ui.ac.id]

DIALEKSIS.COM | Jakarta - Times Higher Education World University Rangkings (THE WUR) telah merilis peringkat universitas di seluruh dunia tahun 2023.

Dikutip dari situs THE, pihaknya telah menilai 1.799 universitas di 104 negara dan wilayah pada tahun 2023. Perangkingan berdasarkan pada 13 indikator kinerja yang dikalibrasi dengan cermat dengan mengukur kinerja lembaga di empat kategori, yaitu pengajaran, penelitian, transfer pengetahuan, dan pandangan internasional.

Ke-13 indikator itu kemudian dikelompokkan menjadi lima bidang. Bidang pertama, yaitu teaching (lingkungan belajar). Poin ini terdiri dari indikator survei reputasi dengan bobot 15%, rasio staf dibanding siswa 4,5%, rasio gelar doktor banding sarjana 2,25%, rasio gelar doktor yang diberikan kepada staf akademik 6%, juga pendapatan institusional 2,25%.

Bidang kedua yang dinilai, yakni research (volume, income, dan reputasi) yang indikatornya terdiri dari survei reputasi dengan bobot 18%, research income 6%, dan produktivitas aset 6%.  Kemudian, bidang yang ketiga yaitu sitasi (pengaruh riset) yang indikatornya berbobot 30%. 

Bidang keempat yakni international outlook (staf, mahasiswa, dan riset). Poin-poin indikator bidang keempat adalah proporsi mahasiswa internasional berbobot 2,5%, kolaborasi internasional 2,5%, dan proporsi staf internasional 2,5%. Terakhir, ada bidang industry income (transfer pengetahuan) yang bobotnya 2,5% penilaian. 

Berikut 15 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang menempati posisi teratas di Indonesia menurut THE WUR 2023:

1. Universitas Indonesia

2. Universitas Airlangga

3. Institut Teknologi Bandung

4. Universitas Bina Nusantara

5. Universitas Gadjah Mada

6. Universitas Hasanuddin

7. Institut Pertanian Bogor 

8. Universitas Pendidikan Indonesia

9. Universitas Sebelas Maret

10. Universitas Negeri Malang

11. Institut Teknologi Sepuluh Nopember

12. Universitas Brawijaya

13. Universitas Diponegoro

14. Universitas Islam Indonesia

15. Universitas Padjadjaran. [BY]

Keyword:


Editor :
Indri

kip
riset-JSI
Komentar Anda