Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
BANK
Beranda / Berita / Nasional / 696 Kotak Suara di KPU Cirebon Rusak Kena Air Hujan

696 Kotak Suara di KPU Cirebon Rusak Kena Air Hujan

Minggu, 10 Februari 2019 20:42 WIB


Koordinator Bawaslu Provinsi Jabar Zaki Hilmi saat sidak di gudang logistik KPU Kabupaten Cirebon. (Foto:  iNewsTV/Toiskandar)

DIALEKSIS.COM | Cirebon - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Barat menemukan 696 kotak suara rusak terkena air hujan saat inspeksi mendadak (Sidak) di gudang Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cirebon, Minggu (10/2/2019).

"Dari hasil sidak ini, kami mencatat terdapat 696 kotak suara yang rusak. Kerusakan ini menyebabkan logistik jelang Pilpres dan Pileg 2019 mendatang, berkurang,”kata Koordinator Bawaslu Provinsi Jabar Zaki Hilmi Seperti dikutip Sindonews.

Bawaslu Provinsi Jawa Barat meminta kotak suara rusak itu segera diganti dengan yang baru. Selain itu, ujar Zaki, pihaknya juga mengkritisi standard operational procedure (SOP) yang diterapkan KPU Kabupaten Cirebon dalam penyimpanan kotak suara di gudang.

“Bawaslu meminta agar KPU Cirebon segera mengganti kotak suara yang baru dengan mengajukannya kepada KPU RI. Seharusnya, dalam menyimpan kotak suara tersebut diberikan alas kayu atau sesuatu yang tidak mudah rusak atau basah," kata Zaki.

Saat ini, KPU Kabupaten Cirebon tengah memindahkan ribuan kotak suara ke gudang yang lebih aman guna mengantisipasi terjadinya kejadian serupa. Selain itu, KPU Cirebon juga telah melaporkan kerusakan ratusan kotak suara yang terbuat dari kardus tersebut ke KPU RI. (Sindonews)

Editor :
Pondek

Prof. Dr. Cornelis Lay, M.A (kamaruddin)
Komentar Anda