Beranda / Berita / Nasional / 2020, Istana Negara Ibukota Baru Dibangun di Penajam Paser Utara

2020, Istana Negara Ibukota Baru Dibangun di Penajam Paser Utara

Rabu, 11 September 2019 14:04 WIB

Font: Ukuran: - +

Penajam Paser Utara, Kaltim, bakal lokasi pembangunan Istana Presiden di ibu kota baru RI. [Foto: Antara]

DIALEKSIS.COM | Sleman - Istana negara ibu kota baru di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim), rencananya dibangun mulai tahun depan. Kepastian tersebut disampaikan oleh Menteri PPN/Bappenas, Bambang Brodjonegoro.

"Pembangunan (ibu kota negara yang baru) mulai 2020 konstruksinya, dan kemudian kita harapkan awal 2024 paling lambat sudah mulai proses pemindahannya," kata Bambang kepada wartawan di Sleman, Rabu (11/9/2019)., seperti dilansir detikcom.

"Yang pertama kali dibangun ya pasti istana (negara), kemudian tempat ibadah, masjid. Kemudian yang tidak kalah penting kantor pemerintahan, kementerian dan parlemen, DPR, dan perumahan penunjang," sambungnya.

Kepastian istana negara ibu kota baru dibangun di Penajam juga pernah disampaikan Bupati Penajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas'ud, beberapa waktu lalu. Hanya saja ia tak memperinci letak istana negara itu.

"Bapak menteri juga mengatakan bahwa sebagian besar, bahkan lokasi nanti titik Istana (Negara) itu ada di Penajam Paser Utara," kata Abdul kepada wartawan di Hotel Tara Yogyakarta, Kamis (29/8/2019) lalu.

Abdul meyakini rencana pembangunan ibu kota negara yang baru di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara sudah melalui kajian yang matang. Pihaknya menyambut baik rencana pemindahan ibu kota ini.

"Saya yakin pemerintah pusat sudah mempersiapkan itu. Karena kita tahu (ibu kota negara yang baru) akan dibangun di 2020 ya, 2020, 2021, 2022, 2023 dan 2024 sudah selesai, sudah pindah (ke Kaltim)," ungkapnya.

"Jadi mulai tahun 2020 itu insyaallah akan dibangun ibu kota pemerintahan yang baru di Kalimantan Timur tepatnya di Penajam Paser Utara," pungkas Abdul.(me/detikcom)

Keyword:


Editor :
Makmur Emnur

riset-JSI
Komentar Anda