Beranda / Pertahanan dan Keamanan / Tinjau Venue PON Aceh-Sumut, Kakorlantas Polri: Kesiapan Pengamanan Sudah Matang

Tinjau Venue PON Aceh-Sumut, Kakorlantas Polri: Kesiapan Pengamanan Sudah Matang

Sabtu, 20 Juli 2024 15:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan meninjau Venue PON XXI di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh, dan Sumut Sport Centre di Medan, Jumat (19/7/2024). [Foto: Humas Polri]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan meninjau Venue PON XXI di Stadion Harapan Bangsa Banda Aceh, dan Sumut Sport Centre di Medan, Jumat (19/7/2024).

Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan menyatakan bahwa kesiapan pengamanan PON 2024 di Aceh sudah matang, termasuk personel, pengamanan, dan pengawalan.

“Saat pelaksanaan PON di Aceh, kami sudah menyiapkan personel untuk pengamanan dan pengawalan atlet, official, dan kontingen, sehingga pelaksanaan PON ini berjalan tepat waktu,” ujar Irjen Pol Aan Suhanan.

Rekayasa lalu lintas di sekitar stadion juga menjadi perhatian khusus terkait akses masuk dan keluar kendaraan, serta ketersediaan kantong parkir yang terbatas.

“Ada beberapa catatan terkait akses masuk stadion, rekayasa lalu lintas, dan perparkiran, karena lokasi parkir sangat terbatas. Oleh karena itu, panitia harus menyiapkan kantong-kantong parkir,” tambahnya.

Lebih lanjut ia menegaskan, Korlantas Polri akan membackup kekurangan yang dibutuhkan Ditlantas Polda Aceh, mulai dari personel, kendaraan, dan teknologi yang digunakan.

“Kami akan backup semuanya dan kekurangan apapun, baik personel, kendaraan, alat pendukung lainnya, termasuk teknologi yang akan digunakan dalam pengendalian kegiatan pengamanan PON ini, sudah kami inventarisir dan akan kami backup semuanya,” jelasnya.

Setelah meninjau Venue PON XXI di Aceh, Kakorlantas Polri bersama jajarannya melanjutkan peninjauan Sumut Sport Centre di Medan, menyoroti analisa dan rekayasa lalu lintas di sekitar Sport Center.

“Kami menyoroti masalah analisa dampak lingkungan lalu lintas, rekayasa lalu lintas yang ada di lingkungan Sport Center kita akses masuk ke Sport Center. Sehingga pada saat nanti area ini digunakan untuk PON XXI karena sudah ada venue-venue yang nanti akan digunakan,” tegas Irjen Pol Aan.

Irjen Pol Aan Suhanan juga menyatakan bahwa pengawalan VVIP, VIP, dan kontingen akan dilakukan sesuai SOP untuk memastikan perjalanan lancar.

“Untuk pengawalan sendiri sudah ada sop yang diberlakukan tentu yang pertama adalah VVIP, VIP Kontingen, untuk memastikan Kontingen ini bisa tepat waktu sampai ke venue itu harus kita Kawal ya jangan sampai nanti Kontingen dari akomodasi dari hotel ke venue Ini mendapat hambatan di perjalanan,” ungkapnya.

“Kami ikut serta dengan semua pemangku kepentingan memberikan masukan alur masuk dan keluar di area sini sehingga tidak menimbulkan kemacetan di dalam maupun kemacetan di luar,” tambahnya.

Korlantas Polri siap menginventarisis kebutuhan yang diperlukan untuk menunjang jalannya perhelatan PON XXI Aceh - Sumut 2024.

“Sesuai dengan kebutuhan di sini dari Polda Sumut sudah mengajukan penambahan personel, peralatan untuk mendukung kegiatan pengamanan di Sumut, kendaraan taktis, teknologi atau IT yang akan mendukung operasional pengamanan yang akan dilaksanakan aceh sumut,” pungkasnya. [*]

Keyword:


Editor :
Indri

kip
riset-JSI
Komentar Anda