Logo Dialeksis
Beranda / Gaya Hidup / WHO Konfirmasi Penyebaran Virus Misterius dari Cina ke Thailand

WHO Konfirmasi Penyebaran Virus Misterius dari Cina ke Thailand

Selasa, 14 Januari 2020 15:00 WIB

Font: Ukuran: - +
Ilustrasi. [Foto: Istockphoto/Dr_Microbe]

DIALEKSIS.COM | Cina - WHO mengonfirmasi penyebaran kasus wabah virus baru yang misterius dari Cina pada Senin (13/1/2020). Virus dari keluarga yang sama dengan SARS ini dikonfirmasi sudah ada di Thailand.

WHO mengonfirmasi ada kasus pertama di Thailand dan mengungkapkan bahwa ada seseorang yang bepergian dari Wuhan, Cina dan dirawat di rumah sakit di negara tersebut pada 8 Januari lalu. Dia didiagnosis mengalami pneumonia ringan. 

"Pengujian laboratorium kemudian mengonfirmasi bahwa corona virus baru adalah penyebabnya," kata juru bicara WHO Tarik Jasarevic kepada AFP.

Kasus ini menandai yang pertama di luar Cina, di mana 41 orang dengan gejala seperti pneumonia sejauh ini telah didiagnosis dengan virus baru di pusat kota Wuhan, dengan salah satu korban meninggal Kamis lalu.

Organisasi kesehatan PBB ini juga mengungkapkan bahwa menurut keterangan pejabat kesehatan Thailand, pasien tersebut sudah pulih dari penyakitnya. 

Hanya saja, mereka mengklaim bahwa tak terkejut kalau virus tersebut telah menyebar sampai ke luar Cina.

"Kemungkinan adanya kasus yang teridentifikasi di negara lain memperkuat alasan WHO menyerukan pemantauan aktif dan kesiapsiagaan di negara lain," tulisnya dalam sebuah pernyataan.

WHO belum merekomendasikan langkah khusus untuk para wisatawan. Mereka juga belum melakukan pembatasan ke Cina, hanya saja mereka menekankan bahwa mereka menanggapi situasi tersebut dengan serius. 

Mereka mengatakan bahwa mereka akan mengadakan pertemuan darurat terkait penyebaran virus baru yang misterius ini. (cnn)


Editor :
Indri

Komentar Anda