Logo Dialeksis - Masker
utu pangdam
Beranda / Gaya Hidup / Tips Jaga Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi

Tips Jaga Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi

Minggu, 15 November 2020 10:00 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Pandemi Covid-19 menciptakan keterbatasan dalam beraktivitas tapi banyak cara untuk tetap mempertahankan gaya hidup sehat dan aktif selama di rumah, sehingga imunitas tubuh dapat terjaga selalu dan dapat menjadi benteng mencegah penyakit datang.

Berikut Tips yang dapat dilakukan dalam menjaga daya tahan tubuh.

1. Berjemur di di bawah matahari pagi selama 5-15 menit, 2-3 kali seminggu

Berjemur di bawah sinar matahari memang dapat memberikan berbagai manfaat yang baik bagi tubuh. dr. Reisa Brotoasmoro  mengatakan efek sinar matahari dapat membuat tubuh sehat karena meningkatkan imun tubuh.

"Jadi kalau ingin lebih lama berada di bawah sinar matahari misalnya sambil berolahraga, agar tidak ober-heat atau kepanasan, sebaiknya di pagi hari dan menggunakan sun protection seperti sunblock dan pakaian anti UV. Begitupun untuk yang di atas usia 40 tahun, kemampuan kulit mengolah vitamin D berkurang, maka sebaiknya jangan berjemur di bawah sinar matahari langsung tanpa proteksi," ujarnya.  

Tapi, jika kita hanya ingin berjemur untuk mencari Vitamin D, jam 10 pagi memang adalah jam terbaik. dr. Reisa juga memberikan panduan, berjemur dilakukan secara rutin 3 kali seminggu dan pastikan tubuh kita cukup terhidrasi.

2. Olahraga rutin 30 menit setiap hari

Olahraga menjadi cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Dilansir dari laman Mayo Clinic, Department of Health and Human Services menyarankan setidaknya lakukan olahraga selama 30 menit setiap hari jika kamu ingin memiliki tubuh yang sehat.

3. Minum air putih minimal 6-8 gelas

Jaga tubuh agar tidak dehidrasi dengan minum air putih setidaknya 6-8 gelas per hari. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh juga penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Usahakan untuk tidak mengonsumsi minuman yang banyak mengandung gula seperti soda, minuman dalam kemasan, dan minuman tinggi gula lainnya.

4. Tidur cukup 7-8 jam 

Manfaat tidur yang cukup, salah satunya mampu memperbaiki sistem kekebalan tubuh dalam melawan berbagai infeksi penyakit. Beragam penelitian menunjukkan istirahat yang cukup bisa memperbaiki kinerja sel imun, khususnya limfosit T, yang berperan dalam melawan infeksi. Antibodi tersebut biasanya aktif menyerang virus penyebab flu, HIV, herpes, hingga sel kanker.

5. Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang

Konsumsi makanan dengan komposisi lengkap untuk memenuhi asupan nutrisi. Setiap makan, usahakan separuh bagian piring makan berisi buah dan sayur-sayuran. Separuh piring lainnya berisi karbohidrat dan protein. Makan lebih banyak buah dan sayur segar. Manfaat buah dan sayur dapat menyediakan kebutuhan vitamin, mineral, dan serat bagi tubuh. 

Di luar jam makan utama, konsumsi buah dan sayur sebagai camilan atau snack sehat. Jangan lupa, atasi konsumsi lemak, gula, dan garam.

6. Konsumsi suplemen atau vitamin sesuai anjuran dokter

Penelitian telah membuktikan bahwa sebagian suplemen dapat menunjang kesehatan secara umum. Anda dapat mengonsumsi suplemen untuk menunjang kesehatan. Namun, pastikan Anda bijak menggunakannya dan tetap perhatikan pola makan yang sehat serta diimbangi dengan olahraga serta istirahat yang cukup. (*)


Editor :
Indri

BPMA pangdam
riset-JSI
Komentar Anda
syamsul rizal hari guru