demokrat muslim
Beranda / Gaya Hidup / Tangkal Serangan Siber, BSSN Rampungkan Platform UMKM Syariah

Tangkal Serangan Siber, BSSN Rampungkan Platform UMKM Syariah

Rabu, 25 Desember 2019 09:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Ilustrasi serangan siber. [Foto: Istockphoto/ iLexx]

DIALEKSIS.COM | Jakarta - Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) tengah merampungkan UMKM Syariah yang dirancang untuk menjadi sebuah platform aman demi menangkal serangan siber.

Menurut Deputi Bidang Proteksi Infrastruktur Informasi Kritikal Nasional BSSN Agung Nugraha, UMKM Syariah dibentuk berdasarkan kerja sama antara BSSN dan BAZNAS (Badan Amal Zakat Nasional).

"Tahun 2020 akan ada sebuah platform aman untuk UMKM kerjasama dengan BAZNAS yaitu UMKM berbasis syariah dan proyek ini diperkirakan bakal selesai tahun ini," kata Agung.

Lebih lanjut, kata Agung, terbentuknya UMKM Syariah juga buntut dari data internal BSSN yang mengungkapkan 43 serangan siber menargetkan UMKM.

Sebab, menurut dia, para pelaku bisnis yang hendak merintis UMKM berbasis teknologi tak terlalu mengedepankan keamanan sistem.

"43 serangan siber menargetkan UMKM karena mereka membangun sistem hanya dari aspek ketersediaan layanan individu, aspek keamanan biasanya tidak ada. Maka dengan adanya UMKM Syariah yang aman ini, tentunya bisa mengurangi serangan siber," pungkas Agus. (CNN)


Keyword:


Editor :
Indri

dispora, ksp, perpadi
Komentar Anda