Beranda / Gaya Hidup / Semua Capres 2024 Penikmat Kopi, Berikut Jenis Kopinya!

Semua Capres 2024 Penikmat Kopi, Berikut Jenis Kopinya!

Minggu, 29 Oktober 2023 15:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Ilustrasi Capres 2024 dan Kopi. Foto: Kolase/net

DIALEKSIS.COM | Nasional - Capres 2024 rupanya punya kopi favorit. Mulai dari Prabowo yang suka kopi hambalang, Ganjar suka kopi Lampung, hingga Anies yang suka kopi pahit. Begini racikannya!

Pemilu tahun 2024 akan segera diselenggarakan. Masyarakat Indonesia pun akhirnya kembali berkesempatan memilih calon presiden dan wakil presiden Indonesia untuk periode selanjutnya.

Daftar calon presiden dan wakil presidennya pun antara lain; pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin), pasangan Ganjar Pranowo dan Mohammad Mahfud Md, dan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Di sela-sela kesibukan persiapan pemilu, rupanya ketiga calon presiden ini sering terlihat mampir ke kedai kopi atau sekedar bersantai untuk menyeruput kopi pilihannya. Namun, selera kopi ketiga calon presiden ini cukup berbeda.

Dimulai dari Prabowo Subianto yang diketahui menyukai kopi Hambalang. Kopi favoritnya ini memang tidak sepopuler kopi Aceh atau Toraja, tetapi tampaknya kopi ini sangat cocok di lidah Prabowo Subianto.

Kopi Hambalang jenis arabika itu memiliki karakter rasa buah atau fruity dan ada sedikit sentuhan manis karamel. Kopi Hambalang punya rasa pahit yang mirip dengan kopi Bogor kebanyakan.

Prabowo Subianto memang dikenal sebagai penikmat kopi. Namun, calon presiden RI ini tidak pernah minum kopi di atas pukul 18.00, kecuali memang esok harinya libur.

Selain kopi Hambalang, Prabowo juga sempat menunjukkan racikan kopi favoritnya yang ia campur dengan kayu manis. Karenanya kopi Hambalang itu pun sering ditambah dengan campuran kayu manis.

Kayu manis bisa menjadi pemanis alami pengganti gula atau sirup. Kayu manis yang ditambah dalam kopi memiliki manfaat antioksidan, sifat antivirus, hingga anti-inflamasi yang bisa melawan flu pilek, dan penyakit musiman lainnya.

Beralih ke Ganjar Pranowo yang suka kopi berbeda. Ganjar dikenal menyukai kopi Lampung yang berhasil memberikan kesan mendalam pada dirinya.

Kopi Lampung merupakan kopi yang ditanam di wilayah Lampung Barat di atas ketinggian 800 mdpl. Kopi ini tumbuh subur di daerah dingin. Jenis kopinya merupakan robusta yang memiliki karakteristik unik.

Aromanya seperti cokelat dan rempah-rempahan. Kopi Lampung punya tingkat keasaman ideal, sehingga aman dikonsumsi. Kopi robusta Lampung sebenarnya ada beberapa jenis, mulai dari kopi robusta Lowl, yang dikenal dengan proses roasting mutakhir, dengan kualitas tinggi dan rasa enak. 

Adapun robusta semut yang lebih kecil. Kopi robusta jantan juga digemari karena khasiatnya bisa meningkatkan maskulinitas pria. Kopi super finest robusta juga banyak disukai karena rasanya intens dan ada rasa rempah-rempah cokelat.

Tidak diketahui secara jelas jenis kopi Lampung yang disukai calon presiden RI satu ini. Namun, Ganjar tampaknya sangat suka karena ia sampai mengungkap kalau, kopi selalu menjadi tujuannya ketika mampir ke kota Lampung.

Calon Presiden Anies Baswedan juga memiliki selera kopi tersendiri. Anies diketahui menyukai kopi pahit tanpa gula. Namun, Anies pernah terlihat mencicipi teh susu campur kopi yang ia coba ketika menyambangi Pontianak belum lama ini.

Melalui unggahan Instagram pribadinya, Anies Baswedan menunjukkan momen seru saat mampir ke Warung Kopi Asiang, di kota Pontianak. Di sana, ia memesan menu unik berupa teh susu campur kopi. Meskipun awalnya diketahui suka kopi pahit, tetapi calon presiden ini ternyata juga suka kopi campur susu.

Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta ini, tercap rasa sepet dari teh, manis dan creamy dari susu kental manis, yang kemudian beradu dengan rasa pahit kopi.

Memang kerap membagikan keseruannya saat berkunjung ke kedai kopi. Ia juga sempat tertangkap kamera sedang mampir ke warung kopi legendaris di kawasan Glodok. [detik.com]

Keyword:


Editor :
Redaksi

kip
riset-JSI
Komentar Anda