Logo Dialeksis
Beranda / Gaya Hidup / Makanan Tradisional Aceh, Kuah Tuhe

Makanan Tradisional Aceh, Kuah Tuhe

Minggu, 20 Oktober 2019 16:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Bulukat Kuah Tuhe. (Foto: Zulkarnaini)

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Siapa tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Hidangan yang dibuat dengan santan dan memiliki rasa manis ini sangat populer dan dikenal di seluruh penjuru Indonesia. Kolak, makanan yang mudah ditemui di Aceh, biasanya dibuat dengan pisang atau ubi jalar.

Di Aceh, selain kolak yang terbuat dari pisang dan ubi, ada satu lagi jenis kolak yang dibuat dengan menggunakan santan, pisang klat barat (sejenis pisang raja) dan isi buah nangka. Masyarakat Aceh menamai makanan ini dengan sebutan Bulukat Kuah Tuhe.

Kolak bulukat kuah tuhe menjadi salah satu penganan khas warga Aceh saat berbuka puasa. Kolak bulukat kuah tuhe disajikan dengan ketan yang dimasak secara terpisah itu memiliki rasa manis, gurih, legit dan lezat. Makanan ini hampir merata terdapat di seluruh Aceh.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Bahan membuat kuah terdiri dari santan yang menjadi kuahnya. Sementara pisang raja dan daging buah nangka yang telah dipotong kecil-kecil menjadi isi kolak. Agar lebih wangi, masakan tersebut diberi daun pandan. Diberi garam sedikit untuk menambah gurih rasa manis dan wangi kuah kolak.

Sajian lezat ini tidak hanya disajikan dalam bulan Ramadhan. Bulukat kuah tuhe biasanya juga dihidangkan pada acara peringatan Maulid Nabi Muhammad. Kolak khas Aceh ini juga sering disajikan di hari-hari biasa.(zu)

Editor :
Zulkarnaini

Berita Terkait
    darwis jeunib
    pelantikan menteri nadiem
    Komentar Anda