Beranda / Gaya Hidup / Konsultan Kesehatan: Tips Aman Kembali Berolahraga Pasca Liburan Lebaran

Konsultan Kesehatan: Tips Aman Kembali Berolahraga Pasca Liburan Lebaran

Minggu, 14 April 2024 11:00 WIB

Font: Ukuran: - +

dr. I Gusti Made Febry Siswanto, SpOT(K). Foto: mitrakeluarga.com


DIALEKSIS.COM | Gayahidup - Kenaikan berat badan setelah perayaan Lebaran seringkali menjadi masalah bagi banyak orang. Mengimbangi kenaikan tersebut dengan olahraga menjadi langkah yang tepat. Namun, penting untuk diingat bahwa kembali berolahraga dengan terburu-buru bisa meningkatkan risiko cedera.

Menurut dr. I Gusti Made Febry Siswanto, SpOT(K), seorang konsultan cedera olahraga dari RS Abdi Waluyo, kenaikan berat badan tidaklah satu-satunya tantangan setelah absen berolahraga selama bulan Ramadan atau liburan Lebaran. Salah satu masalah lain yang perlu diperhatikan adalah kekakuan otot.

"Kekakuan otot otomatis dapat mengganggu fleksibilitas atau kemampuan otot-otot untuk melakukan gerakan atau menahan suatu gaya," ungkapnya dalam wawancara eksklusif dengan Detik.com baru-baru ini.

"Dengan berkurangnya kemampuan otot seperti ini, ditambah dengan peningkatan berat badan, risiko cedera bisa meningkat," tambah dr. Febry.

Bagaimana cara aman untuk memulai kembali berolahraga setelah liburan Lebaran?

Langkah pertama yang disarankan adalah melakukan persiapan yang matang. Salah satunya, menurut dr. Febry, adalah dengan melakukan pemanasan ringan dan stretching untuk mengembalikan fleksibilitas otot-otot yang mungkin menjadi kaku karena kurangnya latihan.

"Saya sarankan untuk melakukan total body stretching, termasuk stretching khusus pada otot-otot atau bagian tubuh yang sering digunakan," pesannya.

Setelah itu, dr. Febry menyarankan untuk menambahkan latihan kardiovaskular untuk memulihkan stamina dan pernapasan. Latihan ini penting untuk menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

"Latihan kardiovaskular merangsang jantung untuk memompa darah secara merata ke seluruh tubuh, terutama ke otot-otot perifer," jelas dr. Febry.

Dengan persiapan yang matang dan dilakukan secara bertahap, kembali berolahraga pasca liburan Lebaran bisa dilakukan dengan aman dan efektif. Tetap jaga kesehatan dan selamat beraktivitas!

Keyword:


Editor :
Redaksi

kip
riset-JSI
Komentar Anda