Beranda / Gaya Hidup / Ini Masker Direkomendasikan Saat Beraktivitas

Ini Masker Direkomendasikan Saat Beraktivitas

Minggu, 14 Februari 2021 20:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Ilustrasi protokol kesehatan / menjaga jarak atau memakai masker. REUTERS/Kim Hong-Ji




DIALEKSIS.COM | Jakarta - Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) Amerika Serikat merekomendasikan langkah penting untuk meningkatkan kemampuan masker dalam mencegah virus masuk. Dalam lamannya, CDC mengungkapkan penggunaan masker yang benar dan konsisten adalah langkah penting yang dapat dilakukan oleh setiap orang untuk mencegah tertular dan menyebarkan Covid-19.

"Masker bekerja paling baik saat semua orang memakainya tetapi tidak semua masker memberikan perlindungan yang sama," tulis CDC.

Saat memilih masker, CDC meminta setiap orang melihat seberapa cocok, seberapa baik menyaring udara, dan berapa banyak lapisan yang terdapat pada masker. Jadi, pastikan masker pas di wajah. Celah bisa membuat udara dengan tetesan pernapasan masuk dan keluar di sekitar tepi masker.

Kemudian, pilih masker dengan lapisan untuk menahan tetesan atau droplet pernapasan masuk dan keluar. Masker dengan lapisan akan menghentikan lebih banyak droplet yang masuk atau keluar dari masker jika Anda sakit.

Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja masker. Pertama, pastikan masker yang memiliki kawat hidung, yakni strip logam di sepanjang bagian atas. Kabel hidung mencegah udara bocor dari bagian atas masker. Jadi, tekuk kawat hidung di atas hidung agar pas dengan wajah.

Kedua, gunakan pelindung atau penjepit masker di atas masker bedah atau sekali pakai atau masker kain untuk mencegah udara bocor di sekitar tepi masker. Ketiga, periksa apakah masker pas di hidung, mulut, dan dagu. Periksa celah dengan menangkupkan tangan di sekitar tepi luar. Pastikan tidak ada udara yang mengalir dari area di dekat mata atau dari sisi masker.

Jika masker sudah pas, Anda akan merasakan udara hangat masuk melalui bagian depan masker dan mungkin dapat melihat bahan masker masuk dan keluar dengan setiap tarikan napas. Keempat, tambahkan lapisan material untuk melapisi.

Anda dapat menggunakan masker kain yang memiliki banyak lapisan atau kenakan satu masker sekali pakai di bawah masker kain. Masker kedua harus mendorong tepi masker bagian dalam ke wajah.

Kelima, pastikan Anda bisa melihat dan bernapas dengan mudah. Jadi, simpul dan selipkan simpul telinga dari masker tiga lapis. Untuk itu, ikat simpul telinga dari masker wajah tiga lapis tempat mereka bergabung dengan tepi masker. Lipat dan selipkan bahan yang tidak dibutuhkan di bawah tepinya.

Sementara itu, Anda juga tidak boleh melakukan sejumlah hal dalam memakai masker. Pertama, jangan menggabungkan dua masker sekali pakai lantaran masker sekali pakai tidak dirancang agar pas dan memakai lebih dari satu tidak akan meningkatkan kesesuaian. Kedua, jangan menggabungkan masker N95 dengan masker lain. Gunakan hanya satu masker N95 dalam satu waktu [tempo.co].

Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda