Logo Dialeksis
Beranda / Gaya Hidup / Ini 6 Cara Alami Menangani Nyeri Ambeien

Ini 6 Cara Alami Menangani Nyeri Ambeien

Selasa, 27 November 2018 23:44 WIB

Font: Ukuran: - +

DIALEKSIS.COM - Ambeien (lebih dikenal dengan wasir atau hemoroid) adalah pembengkakan dari pembuluh darah yang muncul di dalam anus atau dinding rektum.

Pembengkakan ini bisa berupa benjolan-benjolan yang akan pecah saat buang air besar, menjadikan tinja yang kamu keluarkan akan disertai darah yang berwarna merah terang. Gejala-gejala lainnya meliputi rasa perih dan gatal-gatal pada anus.

Jika kamu mengalami ambeien yang lebih parah, konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan obat ambeien berupa krim, salep, atau obat suppositoria (dimasukkan ke dalam anus) biasanya setelah buang air besar. 

Obat-obatan golongan kortikosteroid umumnya menjadi andalan untuk mengurangi rasa nyeri. Selain itu, penderita bisa mengonsumsi obat pencahar untuk melunakkan tinja sehingga saat buang air besar tidak terasa terlalu  

Apa yang Bisa Kamu Lakukan untuk Membantu Penyembuhan Ambeien?

Pada umumnya, ambeien dapat sembuh setelah melalui penanganan dari dokter dengan atau tanpa menggunakan obat ambeien. Selain dengan pemberian obat, ambeien bisa saja ditangani melalui operasi bedah untuk pengangkatan pembuluh yang membengkak parah di rumah sakit.

Ambeien pun tidak dianggap sebagai penyakit berat karena penyakit ini nyatanya bisa sembuh. Anda hanya perlu menjalani pola hidup yang menyehatkan untuk mendukung proses penyembuhan selama menjalani pengobatan.

Apa saja yang sebaiknya kamu lakukan untuk mendukung proses penyembuhan?

Minum banyak air putih untuk membantu pencernaan dan mencegah tinja mengeras.

Utamakan makanan berserat tinggi sebagai menu harian, seperti sayur-sayuran hijau, buah-buahan yang mengandung serat dan cairan tinggi, dan gandum utuh.

Konsultasikan kepada dokter jika ingin menggunakan suplemen serat karena hal ini berisiko memicu konstipasi jika dikonsumsi tanpa aturan.

Hindari mengejan berlebihan saat buang air besar karena dapat meningkatkan pengumpulan darah pada area rektum.

Jangan menunda buang air besar. Lakukan secepatnya untuk mencegah pengerasan tinja di dalam usus besar.

Hentikan berlama-lama duduk, entah di toilet, di ruang kerja, di rumah, atau di mana saja. Terlalu lama duduk dapat menyebabkan peningkatan tekanan pada pembuluh darah vena di dubur.

Satu hal lagi dan tidak kalah pentingnya untuk kamu terapkan adalah berolahraga secara rutin. Banyak bergerak dan mengolah fisik bermanfaat untuk mengurangi tekanan berlebihan pada organ perut dan memperlancar pergerakan usus. Dengan begitu dapat meringankan dan mempercepat penyembuhan ambeien. Sumber Media Kesehatan

Editor :
Jaka Rasyid

Komentar Anda