Logo Dialeksis
Beranda / Gaya Hidup / Akhir Pekan, lakukan 3 Aktivitas Menyenangkan ini Bersama Anak

Akhir Pekan, lakukan 3 Aktivitas Menyenangkan ini Bersama Anak

Minggu, 23 Juni 2019 11:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Ilustrasi : pexel

DIALEKSIS.COM | Akhir pekan (weekend) mungkin hari yang paling ditunggu anak-anak. Saat itulah mereka diliburkan dari aktivitas sekolah agar memiliki waktu bersama dengan keluarga.

Sebagian orangtua biasanya mengajak anak menghabiskan akhir pekan dengan berlibur ke luar kota, mengunjungi tempat-tempat rekreasi, ataupun wahana bermain. Tentu saja bila hal ini selalu dilakukan, maka orangtua harus menyiapkan biaya yang cukup besar setiap akhir pekan.

Sebenarnya ada banyak aktivitas menyenangkan yang bisa dilakukan orangtua bersama anak di akhir pekan yang tidak memerlukan biaya. Namun tetap dapat menciptakan kedekatan antara orangtua dan anak serta menambah pengetahuan anak.

Dikutip dari Laman Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Berikut aktivitas akhir pekan yang bermanfaat dan menyenangkan yang dapat dilakukan orangtua :


Mengunjungi pasar tradisional

Orangtua dapat mengenalkan berbagai macam buah, sayur, ikan, daging, atau kebutuhan pokok lainnya kepada anak. Selain itu, kita juga dapat memberikan pemahaman tentang manfaat mengonsumsi sayur, buah, dan bahan makanan lainnya untuk kesehatan. Ini akan memberikan kesadaran kepada anak untuk mengonsumsi bahan makanan lokal yang segar dan sehat setiap hari.


Membantu memasak untuk keluarga

Setelah mengunjungi pasar, Ayah Bunda dapat mengajak anak memasak bahan makanan dari bahan-bahan yang dibeli di pasar tradisional. Kegiatan ini dapat menumbuhkan kecintaan anak kepada masakan di rumah.


Mengajak berkebun


Berkebun dapat menumbuhkan kecintaan anak kepada tumbuhan dan lingkungan sejak dini. Kegiatan ini menjadi kesempatan kepada orangtua untuk menekankan kepada anak pentingnya manfaat menanam tanaman untuk kesehatan dan keindahan lingkungan rumah.

Selain kegiatan diatas ada banyak kegiatan lainnya yang bisa dilakukan untuk mengisi akhir pekan bersama keluarga.

Tidak harus ke tempat-tempat rekreasi namun dapat diisi dengan kegiatan yang dapat menambah pengetahuan anak. Pilih kegiatan sesuai potensi atau hobi anak. prinsipnya, kegiatan yang membuat anak semakin dekat dengan keluarga dan happy sehingga semakin bersemangat memulai aktivitas belajar di sekolah pada hari berikutnya. (pd/kemdikbud)




Editor :
Pondek

Berita Terkait
    riset-JSI
    Komentar Anda