Logo Dialeksis
Beranda / Gaya Hidup / 6 Makanan Terbaik Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

6 Makanan Terbaik Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Jum`at, 23 November 2018 12:02 WIB

Font: Ukuran: - +
Ilustrasi. (stevepb/Pixabay)

DIALEKSIS.COM | Jakarta - Cuaca sedang tak menentu. Mau tak mau, tubuh pun rentan dengan berbagai gejala penyakit.

Pada musim hujan, penyakit yang sering muncul adalah batuk, demam dan flu. Untuk terhindar dari segala penyakit tersebut, tubuh harus cukup kuat dengan meningkatkan sistem imunitas agar tubuh kebal terhadap penyakit-penyakit umum yang doyan mampir.

Menjaga kebersihan, rutin berolahraga, serta menambah asupan makanan bisa memperkuat sistem imun tubuh. 

Berikut merangkum dari berbagai sumber beberapa makanan yang mampu memperkuat imun tubuh. 

1. Jeruk 

Selain apel, jeruk juga mampu menjauhkan seseorang dari penyakit. Vitamin C dalam jeruk mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Tak cuma itu, vitamin ini juga dapat membantu meningkatkan produksi sel darah putih yang penting untuk melawan infeksi.  Selain jeruk, jenis buah-buahan sitrus lain seperti jeruk bali, lemon, atau jeruk nipis juga bisa jadi pilihan. 

2. Brokoli

Brokoli adalah jenis sayuran yang tak boleh dilewatkan. Kaya akan kandungan vitamin A, C, E, antioksidan, dan serat, brokoli jadi salah satu sayuran paling menyehatkan.

3. Bawang putih

Bawang putih hampir selalu digunakan dalam berbagai jenis masakan Indonesia. Allicin, komponen yang membuat bawang putih beraroma tajam ini justru menjadi bahan utama yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Selain itu, beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa bawang putih mampu memerangi bakteri penyebab infeksi, penurun tekanan darah, hingga memperlambat pengerasan arteri. 

4. Jahe

Jahe kerap menjadi campuran berbagai makanan seperti bubur kacang hijau. Rasa pedas dan hangat jahe menyimpan komponen antiinflamasi. Selain itu, jahe juga mampu membantu mengurangi radang tenggorokan serta rasa mual.

5. Almond

Almond sangat direkomendasikan sebagai camilan pendongkrak sistem imun tubuh. Almond mengandung vitamin E larut lemak yang dapat terserap sempurna oleh tubuh.

Sama halnya dengan vitamin C, vitamin E juga turut berperan penting untuk kekebalan tubuh. Cukup setengah cangkir almond sehari mampu memenuhi kebutuhan vitamin E harian.  

6. Ayam

Saat sakit, sup ayam kerap jadi makanan yang mampu memberikan rasa nyaman pada tubuh. Beberapa beranggapan bahwa rasa nyaman ini hanya bersifat efek plasebo. Namun, faktanya ayam mengandung nutrisi yang diperlukan untuk membantu tubuh bangkit kembali setelah terserang penyakit.

Daging ayam tinggi akan kandungan vitamin B-6. Vitamin B-6 ibarat pemain utama dalam reaksi kimia dalam tubuh. Asupan vitamin B-6 penting untuk pembentukan sel darah merah yang baru. (els/cnnindonesia)

Editor :
Indri

Tsunami
Komentar Anda