Beranda / Ekonomi / Penerbangan Kargo Bakal Beroperasi, Kadishub Aceh Tinjau Kesiapan Bandara Rembele

Penerbangan Kargo Bakal Beroperasi, Kadishub Aceh Tinjau Kesiapan Bandara Rembele

Sabtu, 11 Februari 2023 19:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Teuku Faisal meninjau kesiapan terminal kargo Bandara Rembele, Bener Meriah, Kamis (9/2/2023). [Foto: Humas Dishub Aceh]


DIALEKSIS.COM | Aceh - Kepala Dinas Perhubungan Aceh, Teuku Faisal meninjau kesiapan terminal kargo Bandara Rembele untuk rencana pengoperasian penerbangan kargo dari Bener Meriah, Kamis (9/2/2023).

Teuku Faisal juga ingin memastikan kesiapan seluruh fasilitas bandara dalam rangka menyukseskan penerbangan proving flight yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Selama ini komoditas asal dataran tinggi gayo tersebut, kata Teuku Faisal, dibawa ke Medan melalui angkutan darat lalu diterbangkan ke Batam atau Jakarta dengan pesawat udara melalui bandara internasional kualanamu. 

"Dengan adanya penerbangan langsung dari Bandara Rembele tentunya secara biaya angkut bisa lebih kompetitif dan kualitas dari komoditas tetap terjaga," sebutnya.

Teuku Faisal berharap agar penerbangan kargo dari Bandara Rembele dapat segera terlaksana. 

"Untuk mewujudkannya dibutuhkan koordinasi lintas sektor baik Kementerian Perhubungan, Pemerintah Aceh, Pemerintah Kabupaten, dan sektor swasta," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Kantor UPBU Rembele, Rahmat Subhan Fajri menyebutkan, fasilitas runway sepanjang 2.250 x 30 m sudah memadai untuk melayani pendaratan pesawat boeing 737-300 termasuk kesiapan fasilitas pelayanan darurat kategori V.

Di samping itu, terminal kargo seluas 418 meter persegi sudah siap mendukung pengangkutan kargo via udara. Terminal ini juga dilengkapi dengan peralatan pemeriksaan keamanan (x-ray), ruang karantina pertanian dan ikan, serta area parkir seluas 1.200 meter persegi.

Pada kesempatan yang sama, Manajer Komersil PT Trigana Air Service, Tatang Surya menyatakan bahwa komoditi lokal yang potensial untuk diangkut dengan penerbangan kargo cukup banyak, salah satunya kopi dan cabai.

Tatang menjelaskan, penerbangan direncanakan 2 kali dalam seminggu menggunakan pesawat jenis Boeing 737-300 Freighter.

Tidak hanya kesiapan bandara, Kadishub Aceh Teuku Faisal bersama Kadishub Aceh Tengah, Jauhari juga meninjau sentra produksi pertanian di Kecamatan Ketol, Aceh Tengah, Jumat (10/2/2023).

Produksi komoditas pertanian daerah ini tidak hanya dipasarkan untuk memenuhi kebutuhan pangan di dalam wilayah Aceh namun juga ke sejumlah daerah di luar Aceh. [DHA]

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda