Beranda / Ekonomi / Mulai Hari Ini Pemkab Aceh Besar akan Salurkan Bantuan Cadangan Beras Pemerintah

Mulai Hari Ini Pemkab Aceh Besar akan Salurkan Bantuan Cadangan Beras Pemerintah

Selasa, 08 Oktober 2024 08:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Kepala Dinas Pangan Aceh Besar, Alyadi, SPi, MM Kepala Dinas Pangan Aceh Besar, Alyadi, SPi, MM, menuturkan jika penyaluran CBP akan dimulai di Kecamatan Leumbah Seulawah dan dua kecamatan lainnya, yaitu Kecamatan Seulimuem dan Mesjid Raya. [Foto: Prokopim AB]


DIALEKSIS.COM | Jantho - Pemerintah Kabupaten Aceh Besar, mulai Selasa (8/10/2024) hari ini akan menyalurkan bantuan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) periode Oktober untuk 40.169 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Aceh Besar. 

Kepala Dinas Pangan Aceh Besar, Alyadi, SPi, MM, menuturkan jika penyaluran CBP akan dimulai di Kecamatan Leumbah Seulawah dan dua kecamatan lainnya, yaitu Kecamatan Seulimuem dan Mesjid Raya.

“Kita sudah terima jadwal dari PT POS Indonesia terkait dengan penyaluran, insya Allah akan dimulai hari ini di Kecamatan Lembah Seulawah dengan jumlah 1.700 KPM, Kecamatan Seulimeum dengan jumlah 4.113 KPM dan Kecamatan Mesjid Raya dengan jumlah 1.782 KPM," rincinya dalam keterangan tertulis yang dikutip Selasa (8/10/2024).

Ia menuturkan, jika bantuan tersebut bersumber dari pemerintah. Sebagai upaya membantu masyarakat kurang mampu.

"Manfaatkan bantuan ini (beras) sebaik mungkin. Dimasak jangan ditimbun atau malah dijual," kata Alyadi

Ia berharap masyarakat tidak perlu khawatir pasokan persediaan beras, karena sudah terjamin stoknya oleh pemerintah.

"Insya Allah stok aman, dan akan kita salurkan segera," terangnya.

Ia menjelaskan, jumlah KPM mencapai 40.169 KPM, setiap KPM akan mendapatkan 10 Kg beras medium CBP yang kualitasnya setara dengan beras premium. Sebelumnya pemerintah juga sudah menyalurkan bantuan beras cadangan pangan pemerintah.

“Tujuannya adalah pemerintah membantu masyarakat, karena beras merupakan kebutuhan pokok masyarakat Indonesia termasuk dengan Aceh Besar. Setelah kita cek ini, nanti kita berkoordinasi dengan pihak PT POS Indonesia untuk penyalurannya kepada masyarakat,” terangnya.

Ia juga menyampaikan, bantuan beras CBP merupakan program pemerintah dalam rangka mengurangi kemiskinan, bersumber dari Badan Pangan Nasional (BAPANAS) yang disalurkan oleh Perum Bulog. Bantuan beras CBP tersebut merupakan arahan langsung dari Presiden Indonesia Joko Widodo untuk menjaga stabilitas pangan dan menekan angka inflasi di Indonesia. Selain itu, bantuan beras merupakan upaya untuk mengantisipasi krisis pangan.

Menurutnya bantuan beras CBP ini diberikan sebagai upaya pemerintah dalam membantu masyarakat dan meringankan beban ekonomi mereka, bantuan ini diberikan kepada masyarakat yang tergolong miskin dan kurang mampu serta membutuhkan bantuan pangan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Penyaluran bantuan beras CBP ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran penerima bantuan pangan dengan sasaran sebagai upaya untuk melindungi produsen dan konsumen akibat gejolak harga pangan dan mengendalikan dampak inflasi, kemiskinan stunting dan gizi buruk,” pungkas Alyadi. [*]

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda