Beranda / Ekonomi / KemenkopUKM Bantu 30 Juta UMKM Masuk Pasar Digital

KemenkopUKM Bantu 30 Juta UMKM Masuk Pasar Digital

Senin, 09 September 2024 21:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Ahli Utama Pengembang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Hanung Harimba Rachman saat Dialog Satu Dekade Membangun Indonesia Maju yang disiarkan di Youtube Forum Merdeka Barat (FMB) 9. [Foto: Tangkapan Layar Youtube FMB9]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Kementerian Koperasi dan UKM tengah gencar mendorong agar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) masuk ke ranah digital. Sebab ditengah pesatnya perkembangan teknologi, digitalisasi berperan penting dalam membuat UMKM terus berkembang.

Hal tersebut disampaikan Ahli Utama Pengembang Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Hanung Harimba Rachman saat Dialog Satu Dekade Membangun Indonesia Maju yang disiarkan di Youtube Forum Merdeka Barat (FMB) 9 pada Senin (9/9/2024).

"Untuk memanfaatkan digitalisasi, kami membantu UMKM agar bisa masuk ke pasar digital dengan 30 juta UMKM bisa masuk ke pasar digital," kata Hanung.

Meski begitu, lanjutnya digitalisasi juga membawa tantangan seperti praktik perdagangan yang tidak sehat. Untuk menghadapinya, pemerintah melakukan penataan e-commerce dan perbaikan regulasi sesuai instruksi Presiden.

Juga mendorong UMKM untuk bertransformasi menjadi lebih kompetitif dipasar internasional. Proyeksi kontribusi UMKM terhadap PDB ke depannya bisa mencapai lebih dari 60 persen jika sektor ini terus mendapatkan dukungan dan perlindungan yang tepat.

Hanung mengatakaan dengan adanya berbagai upaya dan kebijakan yang diterapkan, diharapkan sektor UMKM dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian Indonesia.

"Sebagai sektor yang sangat vital, dukungan berkelanjutan dan inovasi akan menjadi kunci keberhasilan UMKM dalam mendukung ekonomi nasional," kata Hanung. [*]

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda