Beranda / Ekonomi / Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Rumah Tenun Mutiara Songket Krueng Kalee Diresmikan

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Rumah Tenun Mutiara Songket Krueng Kalee Diresmikan

Sabtu, 20 Juli 2024 17:30 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Jantho - Rumah Tenun Mutiara Songket yang berlokasi di Gampong Krueng Kalee, Darussalam, Kabupaten Aceh Besar diresmikan, Sabtu (20/7/2024).

Peresmian ini dihadiri oleh Kepala Bank Indonesia (BI) Provinsi Aceh, Rony Widijarto P, serta Ketua Dekranasda Aceh, Mellani Subarni.

Rony Widijarto P menekankan pentingnya keberadaan Mutiara Songket sebagai nilai tambah bagi UMKM setempat. 

"Peningkatan UMKM ini juga merupakan bagian dari Program Sosial Bank Indonesia," ujarnya.

Ia menambahkan bahwa UMKM tidak hanya berperan dalam menambah perekonomian masyarakat tetapi juga dalam memperkuat ketahanan pangan. 

"Kami sangat mengapresiasi upaya UMKM rumah tenun Mutiara Songket," tambahnya.

Selain meresmikan rumah tenun, BI juga memberikan bantuan kepada pelaku bordir pondok pesantren sebagai bentuk dukungan terhadap pengembangan keterampilan dan ekonomi lokal.

Rony menekankan bahwa UMKM sangat penting dalam meningkatkan perekonomian dan sebagai sumber mata pencarian yang bernilai ekonomi tinggi.

Mellani Subarni, Ketua Dekranasda Aceh, juga memberikan sambutan dan dukungannya. 

"Dengan adanya Mutiara Songket, kami berharap dapat meningkatkan nilai tambah bagi UMKM yang ada di Aceh maupun di Aceh Besar," ungkapnya.

Mellani juga menegaskan komitmen Dekranasda Aceh dalam memberikan apresiasi dan dukungan yang terus-menerus, termasuk melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) dari BI.

Peresmian ini diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan para pelaku UMKM di Aceh Besar, sekaligus melestarikan warisan budaya melalui tenun songket yang khas.[*]

Keyword:


Editor :
Indri

kip
riset-JSI
Komentar Anda