Beranda / Ekonomi / BI Aceh Siap Salurkan Dana Rp4 Triliun untuk Kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri

BI Aceh Siap Salurkan Dana Rp4 Triliun untuk Kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri

Jum`at, 08 Maret 2024 08:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh Prabu Dewanto. Foto: net


DIALEKSIS.COM | Aceh - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh telah menyediakan uang tunai sebesar Rp3-4 triliun untuk memenuhi kebutuhan penukaran uang masyarakat di daerah Serambi Mekkah itu selama Bulan Suci Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

Prabu Dewanto, Deputi Kepala Bank Indonesia Aceh, menyatakan bahwa seperti tahun-tahun sebelumnya, permintaan akan uang selama Ramadhan dan Idul Fitri cenderung meningkat.

"Kami telah menyiapkan persediaan uang sekitar Rp3-4 triliun, yang hampir sama dengan tahun sebelumnya, untuk memenuhi kebutuhan tersebut," katanya.

Prabu menjelaskan bahwa saat ini pihaknya masih dalam proses penghitungan kebutuhan uang tunai tersebut. Mereka juga menunggu distribusi uang dari kantor pusat Bank Indonesia di Jakarta untuk beberapa periode ke depan.

"Kami masih menunggu pengiriman uang dari Jakarta. Rencananya, pengiriman akan dilakukan pada tanggal 15 Maret, dan setelah itu kami akan melaksanakan penukaran uang," ujarnya.

Selain penukaran uang, Prabu menambahkan bahwa kegiatan tersebut akan dilaksanakan dalam program Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (Serambi). Konsep kegiatan akan tetap sama dengan tahun sebelumnya, yang melibatkan perbankan.

"Kegiatan ini tidak hanya terbatas pada penukaran uang. Kami juga akan mempercepat penggunaan QRIS, serta memberikan kesempatan bagi UMKM untuk berpartisipasi. Jadi, sambil melakukan penukaran uang, masyarakat juga dapat mengikuti kegiatan lainnya," ujar Prabu.

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda