Beranda / Ekonomi / Agroindustri Nanas, Pj Bupati Aceh Tengah: Serap Tenaga Kerja dan Tingkatkan Ekonomi

Agroindustri Nanas, Pj Bupati Aceh Tengah: Serap Tenaga Kerja dan Tingkatkan Ekonomi

Jum`at, 22 September 2023 23:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Penjabat Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, MT, memimpin kegiatan pengembangan industri pengolahan nanas di Kampung Kayu Kul. [Foto: Humas Aceh Tengah]


DIALEKSIS.COM | Aceh - Penjabat Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, MT, memimpin kegiatan pengembangan industri pengolahan nanas di Kampung Kayu Kul. Acara tersebut dihadiri oleh para Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Camat Pegasing beserta jajarannya, Reje Kayu Kul dan jajarannya, serta kelompok pengembangan industri pengolahan nanas di Kampung Kayu Kul.

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Aceh Tengah menyoroti potensi besar yang dimiliki oleh kabupaten ini, terutama dalam sektor pertanian. Sebagian besar penduduk Aceh Tengah berprofesi sebagai petani dan pekebun. Kabupaten ini dikenal dengan komoditas unggulannya, seperti kopi, dan juga memiliki potensi agrowisata yang melimpah, salah satunya adalah nanas.

"Agrowisata nanas yang berada di Kampung Kayu Kul telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat dan menjadi tujuan wisatawan yang berkunjung ke Aceh Tengah," ujar Mirzuan, dikutip Jumat (22/9/2023).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pengembangan industri pengolahan nanas memiliki peran yang signifikan. Agroindustri ini mengolah bahan baku hasil pertanian menjadi produk yang memiliki nilai jual tinggi.

"Pengembangan agroindustri ini sangat penting karena kita dapat meningkatkan nilai tambah dari produk nanas kita," tambah Mirzuan.

Mirzuan juga menekankan bahwa sektor agroindustri memiliki peran yang penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan menyerap tenaga kerja lokal yang handal dan profesional.

"Kami berharap dengan pengembangan industri pengolahan nanas ini, kami dapat menciptakan peluang pekerjaan bagi masyarakat setempat dan pada saat yang sama meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kabupaten Aceh Tengah," ungkapnya.

Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah Berkomitmen mendorong kelompok industri pengolahan nanas untuk memanfaatkan teknologi, khususnya media sosial, dalam mempromosikan produk mereka. dan mengajak untuk memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk mendukung pertumbuhan industri pengolahan nanas, seperti memasarkan produk melalui e-commerce dan memperhatikan kemasan produk yang menarik.

"Kami mendorong penggunaan teknologi dalam industri pengolahan nanas agar produk-produk ini dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas dan memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi," pungkas Pj Bupati Aceh Tengah. [FHC/HAT]

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda