Beranda / Ekonomi / 160 Wirausaha Muda dan Pemula Ikuti Pendampingan Peningkatan Kualitas Produksi

160 Wirausaha Muda dan Pemula Ikuti Pendampingan Peningkatan Kualitas Produksi

Rabu, 18 Oktober 2023 21:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Ketua Panitia, Andri Sufrianzah menyampaikan, kegiatan bimtek dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas peserta disamping mengatasi permasalahan di sejumlah sektor seperti logistik dan pemasaran yang berdaya saing. [Foto: dok. Diskop UKM Aceh]


DIALEKSIS.COM | Aceh - Sebanyak 160 orang peserta wirausaha muda dan pemula mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis yang diselenggarakan oleh Dinas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Aceh melalui UPTD Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UPTD PLUT KUMKM) Aceh di SEI Hotel, Banda Aceh selama lima hari, Selasa-Sabtu (17-21/10/2023).

Ketua Panitia, Andri Sufrianzah dalam laporannya menyampaikan, kegiatan bimtek dilaksanakan untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas peserta disamping mengatasi permasalahan di sejumlah sektor seperti logistik dan pemasaran yang berdaya saing.

“Maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah, pertama mengembangkan pengetahuan pelaku wirausaha muda dan wirausaha pemula dalam pengelolaan produksi. Kedua sebagai ruang diskusi dan peningkatan UMKM. Ketiga membangun motivasi dan semangat wirausaha,” katanya di hadapan peserta yang didominasi oleh wirausaha perempuan.

Sementara itu, Kepala Dinas UMKM melalui UPTD PLUT KUMKM Aceh Rosti Maidar SE., M.Si menyampaikan bahwa kehadiran kegiatan tersebut dinilai penting dalam meningkatkan produksi bagi pelaku usaha yang hadir.

“Kita tahu bahwa UMKM yang sangat banyak untuk membuka peluang tenaga kerja yang berdampak baik bagi peningkatan ekonomi. Dari itu Pemerintah Aceh tidak henti-hentinya dalam mendorong dan mensupport untuk peningkatan ekonomi tersebut melalui kegiatan-kegiatan peningkatan wirausa,” kata Rosti.

Menurutnya. pembangunan ekonomi di Indonesia, UKM selalu digambarkan sebagai sektor yang mempunyai pernana penting karena sebagian besar jumlah pendidiknya berpendidikan rendah dan hidup dalam kegiatan usaha kecil baik di sektor tradisional maupun modern.

“UKM menghadapi persaingan yang semakin ketat karena semakin terbukanya pasar dalam negeri, merupakan ancaman bagi UKM dengan semakin banyaknya barang dan jasa yang masuk dari luar akibat dampak globaliasi,” ujarnya.

Hal ini sambungnya, berarti pertumbuhan wirausaha merupakan upaya utama untuk mendorong masyarakat agar lebih mampu menggunakan dan mengelola sumberdaya yang dimiliki untuk menghadapi segala kemungkinan tergerus oleh pasar global.

Para pelaku usaha, katanya, harus dapat menarik dan membangun pemahaman akan pentingnya peningkatan kemampuan dan keterampilan serta kompetensi lain untuk dapat menjadi wirausaha yang handal dan mampu meningkatkan manajerial pengelolaan usaha dengan penciptaan produk yang memiliki brand dan nilai daya saing promosi yang menarik.

"Selain itu, adanya pemahaman pentingnya kemasan yang standar dan memiliki peningkatan kualitas produk,” tambahnya.

Tidak hanya itu saja, dalam kesempatan itu Rosti Maidar mengharapkan kepada seluruh peserta dapat memanfaatkan dengan baik kegiatan bimtek.

Kegiatan itu dinilai sebagai salah satu upaya pemerintah berikan kepada peserta dalam peningkatan SDM dan menjalankan secara berkesinambungan, serta meningkatkan kualitas kinerja.

“Sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah kita, karena Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Aceh berkomitmen untuk terus melaksanakan program bagi wirausaha Aceh yang kita cintai ini,” katanya.

Sementara itu salah seorang peserta, Muhammad Reza mengaku senang dengan kegiatan yang diselenggarakan Diskop UMKM Aceh tersebut. Menurutnya hal itu dapat membantu dalam meningkatkan capaian produksi sesuai harapan.

“Harapannya semoga dapat berjalan dengan lancar dan ke depan harus diadakan lagi,” kata Reza yang merupakan sebagai pengusaha aluminium service.

Ia menjelaskan, kegiatan itu juga sangat membantu dalam menunjang peningkatan ekonomi masyarakat Aceh ke depan.

“Semoga kegiatan ini ke depan untuk terus ditingkatkan dan berjalan sukses,” tandasnya. [*]

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda