Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Dunia / Trump tuntut dugaan memata-matai kampanyenya

Trump tuntut dugaan memata-matai kampanyenya

Senin, 21 Mei 2018 20:50 WIB

Presiden AS Donald Trump menuntut penyelidikan Departemen Kehakiman terhadap dugaan infiltrasi kampanye kepresidenannya untuk tujuan politik. (Foto: AFP / Nicholas Kamm)

DIALEKSIS.COM | Washington - Presiden AS Donald Trump menuntut Minggu (21 Mei) bahwa Departemen Kehakiman menyelidiki apakah kampanye kepresidenannya "disusupi" atau memata-matai untuk tujuan politik, yang mendorongnya untuk mengumumkan bahwa pihaknya akan menyelidiki masalah-masalah tersebut.

Trump telah mendeskripsikan dugaan infiltrasi sebagai berpotensi "lebih besar dari Watergate", tetapi Demokrat mengatakan dia berusaha untuk merusak penyelidikan tahun-tua ke campur tangan Rusia dalam pemilu 2016 dan kemungkinan kolusi dengan kampanyenya, dipimpin oleh penasihat khusus Robert Mueller.

"Saya dengan ini menuntut, dan akan melakukannya secara resmi besok, bahwa Departemen Kehakiman melihat apakah atau tidak FBI / DOJ menyusup atau mengawasi Kampanye Trump untuk Kepentingan Politik - dan jika ada permintaan atau permintaan seperti itu dibuat oleh orang-orang dalam Obama Administrasi!" Trump tweeted.

Perintah marah Trump datang di tengah-tengah tekanan dari penyelidikan bertahun-tahun Rusia, dan ketika media AS melaporkan bahwa Biro Investigasi Federal mengirim seorang profesor Amerika yang berbasis di Inggris untuk berbicara secara terpisah dengan penasihat kampanye Trump pada tahun 2016.

Sebuah laporan New York Times menggambarkan profesor itu sebagai "seorang informan," mengatakan agensi federal sedang mencari bukti bahwa Carter Page dan George Papadopoulos memiliki kontak yang mencurigakan dengan Rusia.

The Washington Post memanggilnya "sumber intelijen AS lama," dan mengatakan dia bertemu dengan penasihat kampanye ketiga - Sam Clovis - serta Page dan Papadopoulos.

Trump dan pendukungnya telah melemparkan orang itu sebagai tahi lalat yang mungkin dikirim oleh pemerintahan Obama untuk menyusup ke kampanyenya.

Departemen Kehakiman menugaskan pengawas internalnya dengan mencari tahu isu-isu yang diangkat oleh Trump.

Tapi itu memasangkan penyelidikan itu dengan "tinjauan" yang sudah ada dari proses permohonan untuk surat jaminan keamanan nasional FISA, yang dituduh Partai Republik disalahgunakan sehubungan dengan pengawasan Page.

Editor :
Jaka Rasyid

Komentar Anda