Beranda / Berita / Dunia / Sejumlah Pimpinan Eropa Isolasi Diri Usai Macron Positif Corona

Sejumlah Pimpinan Eropa Isolasi Diri Usai Macron Positif Corona

Jum`at, 18 Desember 2020 09:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Presiden Prancis Emmanuel Macron, Foto: Reuters/Aljazeera.com


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Sejumlah pemimpin Eropa dan pejabat tinggi Prancis ramai-ramai melakukan isolasi mandiri setelah Presiden Emmanuel Macron dinyatakan positif terpapar virus corona.

Seorang sumber yang dekat dengan kantor kepresidenan Prancis mengatakan jika Macron kemungkinan terinfeksi selama pertemuan puncak Uni Eropa di Brussel pekan lalu. Macron diketahui melakukan kunjungan selama 20 jam nonstop dengan 26 pemimpin negara Uni Eropa lainnya.

Pada Senin (14/12) lalu Macron menghadiri KTT Uni Eropa di Paris yang diselenggarakan oleh Organisasi untuk Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD). Mengutip AFP, sejumlah pemimpin Uni Eropa yang menghadiri acara serupa diketahui melakukan isolasi diri setelah tersiar kabar Macron terinfeksi corona.

Perdana Menteri Luksemburg, Xavier Bettel diketahui mulai melakukan isolasi mandiri pada Kamis (17/12) tak lama setelah Macron dinyatakan positif Covid-19. Bettel masih menunggu hasil tes corona setelah dia menghadiri KTT Uni Eropa.

Sementara itu, juru bicara pemerintah Jerman menyatakan jika Kanselir Angela Merkel telah melakukan tes corona beberapa hari lalu setelah menghadiri acara serupa. Hasil tes Merkel dinyatakan negatif.

Presiden Dewan Eropa Charles Michel dan Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez yang juga hadir dalam konferensi serupa, saat ini sedang diisolasi.

Perdana Menteri Portugal Antonio Costa juga melakukan isolasi mandiri. Costa diketahui membatalkan semua agendanya setelah Macron menyatakan diri terinfeksi virus corona.

Perdana Menteri Prancis, Jean Castex juga menjalani isolasi mandiri setelah sempat bertemu Presiden Emmanuel Macron. Castex sudah menjalani pemeriksaan virus corona dan masih menunggu hasilnya..

Bukan hanya para pemimipin Uni Eropa, istri Macron, Brigitte juga akan melakukan isolasi mandiri kendati sejauh ini tidak menunjukkan gejala dan hasil tes dinyatakan negatif.

Kantor Kepresidenan Prancis pada Kamis (17/12) mengumumkan jika Presiden macron dinyatakan positif Covid-19. Selanjutnya Macron akan menjalani isolasi mandiri selama sepekan ke depan.

Macron menjalani tes corona setelah menunjukkan gejala. "Presiden dinyatakan positif Covid-19 hari ini (Kamis)," kata kantor Kepresidenan Prancis dalam sebuah pernyataan dikutip dari AFP [cnnindonesia].

Keyword:


Editor :
Redaksi

dinas pendidikan idul fitri
riset-JSI
Komentar Anda