Beranda / Berita / Dunia / PM Justin Trudeau Tuduh China Intervensi Pemilihan Kanada

PM Justin Trudeau Tuduh China Intervensi Pemilihan Kanada

Selasa, 08 November 2022 21:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. [Foto: post-gazette.com]


DIALEKSIS.COM | Dunia - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menuduh China berusaha ikut campur dalam pemilihan negaranya.

Trudeau menuduh Beijing memainkan "permainan agresif" dengan demokrasi dan menargetkan institusi Kanada.

Hal itu muncul ketika media lokal melaporkan bahwa intelijen Kanada mengidentifikasi "jaringan rahasia" kandidat yang didukung Beijing pada pemilihan baru-baru ini.

Setidaknya 11 kandidat didukung oleh China dalam pemilihan federal 2019, para pejabat dilaporkan mengatakan kepada Trudeau.

Seorang juru bicara kementerian luar negeri China mengatakan "tidak tertarik" dalam urusan internal Kanada.

"Kami telah mengambil langkah-langkah signifikan untuk memperkuat integritas proses pemilihan dan sistem kami, dan akan terus berinvestasi dalam perang melawan campur tangan pemilu, melawan campur tangan asing terhadap demokrasi dan institusi kami," kata Trudeau kepada wartawan, Senin (7/11/2022).

“Sayangnya, kami melihat negara, aktor negara dari seluruh dunia, apakah itu China atau lainnya, terus memainkan permainan agresif dengan institusi kami, dengan demokrasi kami,” tambahnya.

Juru bicara kementerian luar negeri China Zhao Lijian mengatakan China tidak tertarik untuk ikut campur dalam pemilihan Kanada.

"Hubungan antar negara hanya dapat dibangun di atas rasa saling menghormati, kesetaraan, dan saling menguntungkan," katanya dalam konferensi pers.

"Kanada harus berhenti membuat pernyataan yang melukai hubungan China-Kanada," tambahnya. [BBC]

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
distanbun 12
Komentar Anda