Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Dunia / Pasukan Israel Membunuh Warga Palestina di Tepi Barat

Pasukan Israel Membunuh Warga Palestina di Tepi Barat

Jum`at, 22 Maret 2019 19:00 WIB

Font: Ukuran: - +
Seorang pendemo Palestina menggunakan slingshot saat berhadapan dengan polisi Israel, Rabu (20/3/2019). (Foto: Nasser Nasser/AP)

DIALEKSIS.COM | Palestina - Seorang warga Palestina ditembak mati oleh Israel di Tepi Barat, menandai orang Palestina keempat yang tewas dalam 24 jam.

Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan salah satu krunya memperlakukan seorang pria dengan dua luka tembak di sebuah pos pemeriksaan militer Israel di dekat kota Betlehem pada hari Rabu (20/3/2019) dan pasukan Israel telah menembaknya.

Kementerian Kesehatan Palestina mengidentifikasi pria itu sebagai Ahmad Manasra yang berusia 26 tahun dari desa Wadi Fuqin dekat Betlehem.

Manasra, kata kementerian itu, ditembak di bagian dada, bahu dan tangan oleh pos pemeriksaan al-Nashash di pintu masuk selatan desa al-Khader. Seorang warga Palestina lainnya juga telah ditembak dan terluka parah.

Menurut saksi mata, pasukan Israel yang ditempatkan di pos pemeriksaan menembakkan peluru tajam ke mobil pria Palestina, yang bersama istri dan anak-anaknya. Pria itu, yang diidentifikasi sebagai Alaa Ghayatha dari desa Nahalin, ditembak di perut.

Manasra, yang mengendarai kendaraan tepat di belakang Ghayatha, turun dari mobilnya untuk membantu Ghayatha yang dirawat di Rumah Sakit al-Yamama dalam kondisi kritis. Ketika Manasra kembali ke mobilnya, tentara Israel langsung menembaknya.

Kamel Hamid, gubernur Betlehem, kemudian mengatakan kepada berita lokal Palestina bahwa yang terjadi adalah eksekusi langsung seorang pemuda, dan meminta masyarakat internasional untuk campur tangan untuk mengakhiri pendudukan Israel.

Beberapa jam kemudian, militer Israel mengeluarkan pernyataan yang mengatakan seorang tentara yang ditempatkan di sebuah pos dekat Betlehem telah "mengidentifikasi batu yang dilemparkan ke kendaraan Israel [dan] sebagai tanggapan, ia menembakkan senjatanya".

Pernyataan itu tidak mengidentifikasi target tentara yang dimaksud dan beberapa laporan media Israel mengatakan tembakan peringatan ditembakkan di udara.

"Sebuah laporan diterima mengenai Palestina yang terluka," kata militer. "Rincian mengenai insiden itu sedang ditinjau dan insiden itu akan diperiksa."

Kematian Manasra menandai orang Palestina keempat yang terbunuh dalam 24 jam di Tepi Barat yang diduduki. Pada Selasa malam, pasukan Israel membunuh tersangka penyerang yang telah membunuh seorang tentara Israel dan seorang rabi dalam serangan penikaman dan penembakan pada hari Minggu.

Omar Abu Leila, 19, tewas di dekat kota Ramallah di Tepi Barat setelah dia menembaki pasukan yang datang untuk menangkapnya, kata dinas keamanan Israel Bet Bet.

Dalam insiden terpisah pada hari Selasa, dua warga Palestina lainnya, Raed Hamdan, 21 dan Zaid Nouri, 20 tewas oleh pasukan Israel ketika mereka mengendarai mobil mereka di dekat kota Nablus di Tepi Barat. (Al Jazeera)


Editor :
Indri

Komentar Anda