Beranda / Berita / Dunia / Ledakan Pabrik Kimia di China Utara, 2 Tewas dan 12 Orang Hilang

Ledakan Pabrik Kimia di China Utara, 2 Tewas dan 12 Orang Hilang

Senin, 16 Januari 2023 12:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Ilustrasi ledakan pabrik. [Foto: medcom.id]

DIALEKSIS.COM | Dunia - Sebuah ledakan besar di sebuah pabrik kimia di Cina timur laut telah menewaskan sedikitnya dua orang dan menyebabkan 12 orang hilang.

Sebanyak 34 orang lainnya terluka dalam ledakan hari Minggu (15/1/2023) di pinggiran Kota Panjin di Provinsi Liaoning di sebelah timur ibu kota Beijing.

Rilis berita dari pemerintah daerah menunjukkan foto api dan asap hitam tebal membumbung dari kompleks mesin pengolah kimia, pipa dan wadah penyimpanan.

Petugas pemadam kebakaran telah mengendalikan api dan departemen lingkungan setempat sedang memantau dampak terhadap kualitas udara di daerah tersebut, kata pemerintah Kabupaten Panshan di pinggiran kota dalam rilis berita.

Penyebab kecelakaan itu masih dalam penyelidikan, kata pihak berwenang. Orang-orang yang memposting di media sosial mengatakan mereka merasakan kejutan dari ledakan tersebut, tetapi kerusakan tampaknya tidak meluas melampaui pabrik.

China, dengan ekonomi terbesar kedua di dunia, sering mengalami kecelakaan industri yang mematikan.

Pemerintah pusat telah menjanjikan langkah-langkah keamanan yang lebih kuat sejak ledakan tahun 2015 di sebuah gudang bahan kimia di kota pelabuhan utara Tianjin yang menewaskan 173 orang, kebanyakan dari mereka adalah petugas pemadam kebakaran dan polisi. Dalam kasus itu, sejumlah pejabat setempat dituduh menerima suap karena mengabaikan pelanggaran keamanan. [ABC News]

Keyword:


Editor :
Indri

Berita Terkait
    kip
    riset-JSI
    Komentar Anda