Logo Dialeksis - Masker
utu pangdam
Beranda / Berita / Dunia / Facebook Curiga Ada Peretas Jelang Pemilu AS

Facebook Curiga Ada Peretas Jelang Pemilu AS

Rabu, 28 Oktober 2020 21:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Ilustrasi [Dok. Ekrut]

DIALEKSIS.COM - Facebook Inc pada Selasa (27/10/2020), mencurigai sejumlah hackers (peretas) dari Iran sebagai telah mengirimi e-mail ancaman pekan lalu kepada sejumlah warga Amerika Serikat yang punya hak pilih. Surat elektronik itu juga menyebarkan informasi yang salah tentang adanya kompromi dalam sistem pemilu.

Menurut Facebook, pihaknya sudah membekukan sebuah akun palsu yang mencoba membagikan rekaman video lewat media sosial itu. Akun itu lalu mengarah pada lebih dari 20 akun lainnya di Facebook dan Instagram, yang mengungkap adanya operasi disinformasi yang mengincar beberapa negara, di antaranya Israel dan Arab Saudi pada 2019 lalu.

Beberapa badan intelijen Amerika Serikat masih menganalisis siapa sebenarnya di Iran yang mengendalikan operasi ini dan apa niatnya.

Nathaniel Gleicher, Kepala Keamanan Siber Facebook, mengatakan pihaknya baru menemukan beberapa akun yang sebagian besar sudah tidak aktif, namun sebelumnya berusaha menyebarkan klaim tentang dugaan adanya sebuah pembantaian pada tahun lalu di Israel.

Gleicher mengatakan timnya telah menemukan beberapa link teknis terkait jaringan disinformasi yang sudah dibekukan pada April lalu, yang dikaitkan dengan stasiun televisi di Iran dan beberapa individu yang dikaitkan juga dengan Pemerintah Iran. (Reuters/Tempo)

Editor :
Sara Masroni

BPMA pangdam
riset-JSI
Komentar Anda
syamsul rizal hari guru