Beranda / Berita / Dunia / China Kerahkan Puluhan Jet, Kapal Induk AS Latihan di LCS

China Kerahkan Puluhan Jet, Kapal Induk AS Latihan di LCS

Senin, 25 Januari 2021 22:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Foto: Ilustrasi


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Belasan jet tempur China dilaporkan menerobos wilayah pertahanan udara Taiwan dua kali pada akhir pekan lalu.

Kementerian Pertahanan Taiwan menuturkan 13 pesawat militer China memasuki bagian barat daya Zona Identifikasi pertahanan udara (ADIZ) negaranya pada Minggu (24/1).

Sehari sebelumnya, sebanyak 15 jet tempur China juga dilaporkan melakukan penerbangan serupa. Kemhan Taiwan memaparkan negaranya mengerahkan beberapa pesawat tempur untuk memantau pergerakan belasan jet China tersebut.

Dikutip CNN, menurut Kemhan China, pesawat militer China telah menerobos wilayah ADIZ negaranya sebanyak 380 kali selama 2020.

Pergerakan belasan jet tempur China itu berlangsung ketika armada kapal induk Amerika Serikat, USS Theodore Roosevelt, tiba di Laut China Selatan untuk menggelar latihan "kebebasan bernavigasi".

Latihan itu pun dinilai akan memicu amarah China yang selama ini mengklaim sebagian besar wilayah di Laut China Selatan sebagai teritorialnya.

Manuver jet tempur terbaru China ke Taiwan ini pun dilakukan ketika relasi Beijing-Taipei terus memanas, terutama terkait agenda Presiden Taiwan Tsai Ing-wen yang terus berupaya memerdekakan negaranya dari China.

Presiden China Xi Jinping bersumpah tidak akan membiarkan Taiwan memisahkan diri dan menyatakan tak segan melakukan tindakan militer untuk merebut kembali wilayah yang dinilainya pembangkang itu.

Melalui pernyataan pada Sabtu (23/1), pemerintahan Amerika Serikat yang baru di tangan Presiden Joe Biden mendesak China untuk menghentikan intimidasi terhadap Taiwan.

Meski AS tak memiliki relasi diplomatik dengan Taiwan, Gedung Putih memiliki relasi khusus dan kewajiban membantu Taipei dari agresi China dalam perjanjian Taiwan RelatioN Act pada 1979.

Selama empat tahun terakhir, China kerap kebakaran jenggot lantaran Taiwan kerap mendekatkan diri kepada AS. Untuk pertama kalinya, perwakilan de facto Taiwan di AS pun diundang hadir dalam pelantikan Biden pada Rabu (20/1) [cnnindonesia].

Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda