Logo Dialeksis - Masker
Beranda / Berita / Dunia / Badai Langka Hantam Yunani, 3 Orang Tewas

Badai Langka Hantam Yunani, 3 Orang Tewas

Minggu, 20 September 2020 22:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Ilustrasi Badai. [Foto: Reuters]

DIALEKSIS.COM | Athena - Tiga orang tewas setelah Topan Ianos, badai langka yang melanda Yunani, membanjiri jalan dan rumah, kata pihak berwenang Yunani pada Minggu (20/9/2020).

Ianos menumbangkan pohon dan menyebabkan pemadaman listrik di Pulau Ionia dan Peloponnese Barat. Badai itu menyapu Yunani tengah pada hari Sabtu (19/9/2020), menghantam kota Karditsa dan Farsala sebelum pindah ke selatan ke Pulau Kreta.

Hujan deras pada hari Sabtu mengubah Karditsa, di salah satu dataran terbesar di Yunani, menjadi danau. Rekaman video menunjukkan jalan raya yang banjir, jembatan yang runtuh dan lahan pertanian berubah menjadi danau lumpur dengan para petani membawa domba mereka untuk menyelamatkan.

Para ahli memperkirakan sekitar 5.000 rumah terendam banjir di kawasan Karditsa. Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis, diperkirakan akan mengunjungi wilayah tersebut dalam beberapa hari mendatang, mengatakan pemerintah akan memberikan bantuan ekonomi ke daerah yang terkena dampak.

Pada Sabtu malam, badai telah mencapai Kreta, hujan deras membanjiri jalan-jalan dan toko-toko.

Petugas pemadam kebakaran mengatakan telah menerima lebih dari 2.450 panggilan di daerah yang terkena dampak untuk bantuan menyelamatkan orang-orang yang terjebak, menebang pohon, dan memompa air dari rumah dan bisnis.

Topan pertama kali tercatat di Yunani pada tahun 1995 dan semakin sering terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Badai serupa melanda negara itu pada 2018. Banjir bandang pada 2017 menewaskan 25 orang dan menyebabkan ratusan kehilangan tempat tinggal. (Reuters)

Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda