Beranda / Berita / Waspada Cuaca Ekstrem di Aceh: BMKG Keluarkan Peringatan Dini

Waspada Cuaca Ekstrem di Aceh: BMKG Keluarkan Peringatan Dini

Minggu, 11 Agustus 2024 08:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Ratnalia
Infografis kondisi BMKG hari ini. Foto: Info BMKG

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem untuk beberapa wilayah di Aceh pada Minggu pagi ini. Peringatan ini berlaku mulai pagi hingga menjelang siang hari.

Menurut prakirawan BMKG Aceh, beberapa daerah berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. Wilayah yang perlu waspada antara lain:

  1. Kabupaten Aceh Selatan: Trumon
  2. Kabupaten Aceh Besar: Lhoong, Kota Jantho, Kota Cot Glie
  3. Kabupaten Aceh Singkil: Kuala Baru
  4. Kabupaten Aceh Jaya: Sampoiniet, Jaya, Indra Jaya

BMKG memperkirakan kondisi cuaca ekstrem ini dapat meluas ke berbagai wilayah lain di Aceh, termasuk beberapa kecamatan di Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh Barat, Pidie, Simeulue, Nagan Raya, serta Kota Banda Aceh, Sabang, dan Subulussalam.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan mengikuti perkembangan informasi cuaca terkini dari BMKG. Pengendara diharapkan berhati-hati karena visibilitas dapat menurun akibat hujan lebat.

Untuk informasi lebih lanjut dan pembaruan terkini, masyarakat dapat mengakses situs resmi BMKG di nowcasting.bmkg.go.id.

"Kami terus memantau perkembangan cuaca dan akan memberikan update jika ada perubahan signifikan," ujar juru bicara BMKG Aceh.

Dengan adanya peringatan ini, diharapkan masyarakat dapat mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk menghindari dampak buruk dari cuaca ekstrem.

Keyword:


Editor :
Redaksi

kip
riset-JSI
Komentar Anda