Beranda / Berita / Waspada! BMKG Prediksi Hujan Lebat Intai Aceh Hari Ini

Waspada! BMKG Prediksi Hujan Lebat Intai Aceh Hari Ini

Minggu, 28 Juli 2024 09:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Arn
Infografis prakiraan cuaca di Aceh. Foto: net

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk wilayah Aceh pada Minggu, 28 Juli 2024. Menurut prakiraan, sebagian besar wilayah di ujung barat Indonesia ini akan diguyur hujan lebat mulai pukul 05:00 WIB pagi ini.

"Potensi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang," demikian bunyi peringatan BMKG yang dirilis pukul 04:50 WIB.

Wilayah yang berpotensi terdampak meliputi 10 kabupaten dan 2 kota di Aceh. Di antaranya Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Aceh Barat, Aceh Besar, Aceh Singkil, Gayo Lues, Aceh Tamiang, dan Kota Subulussalam.

BMKG memprediksi fenomena ini akan berlangsung hingga pukul 08:20 WIB. Namun, masyarakat diminta tetap waspada karena kondisi cuaca ekstrem ini bisa meluas ke wilayah lain.

Beberapa daerah yang juga perlu siaga adalah Aceh Timur, Aceh Tengah, Pidie, Simeulue, Aceh Barat Daya, Aceh Jaya, Nagan Raya, dan Kota Langsa.

"Kami menghimbau warga untuk selalu memantau update cuaca terkini," ujar prakirawan BMKG Aceh kepada Tempo.

Bagi warga yang berencana bepergian hari ini, disarankan untuk mengecek kondisi cuaca melalui situs resmi BMKG di https://nowcasting.bmkg.go.id sebelum memulai perjalanan.

Peringatan dini ini menjadi pengingat bahwa meski sudah memasuki pertengahan tahun, potensi cuaca ekstrem masih mengintai. Masyarakat Aceh diharapkan tetap waspada dan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk menghindari dampak buruk dari cuaca ekstrem ini.

Keyword:


Editor :
Redaksi

kip
riset-JSI
Komentar Anda