Beranda / Berita / Waspada! BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Aceh

Waspada! BMKG Keluarkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Aceh

Senin, 19 Agustus 2024 09:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Ratnalia

Infografis BMKG Aceh. Foto: Humas BMKG


DIALEKSIS.COM | Aceh - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem untuk sebagian besar wilayah Aceh pada Senin (19/8/2024). Peringatan ini dikeluarkan pukul 08:11 WIB dan diperkirakan berlaku hingga pukul 10:45 WIB.

Menurut informasi yang dihimpun dari BMKG Aceh, beberapa wilayah di Aceh berpotensi mengalami hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang mulai pukul 08:18 WIB.

Wilayah yang perlu waspada terhadap cuaca ekstrem ini meliputi:

1. Kabupaten Aceh Selatan: Trumon

2. Kabupaten Aceh Besar: Lhoknga

3. Kabupaten Aceh Singkil: Pulau Banyak, Singkil, Gunung Meriah, Kota Baharu, Singkil Utara, Kuala Baru, dan Pulau Banyak Barat

4. Kabupaten Gayo Lues: Blangkejeren, Pining, Blangpegayon, Puteri Betung, dan Dabun Gelang

5. Kabupaten Aceh Tamiang: Tamiang Hulu dan Tenggulun

BMKG memperkirakan fenomena cuaca ekstrem ini dapat meluas ke wilayah lain di Aceh, termasuk kabupaten Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Aceh Timur, Aceh Tengah, Aceh Besar, Simeulue, Aceh Singkil, Aceh Barat Daya, Gayo Lues, Aceh Jaya, Nagan Raya, dan Aceh Tamiang.

Kota-kota besar seperti Banda Aceh, Sabang, Langsa, dan Subulussalam juga tidak luput dari potensi cuaca ekstrem ini.

Prakirawan BMKG Aceh menghimbau masyarakat untuk tetap waspada dan mengikuti perkembangan informasi cuaca terkini melalui situs resmi BMKG di https://nowcasting.bmkg.go.id.

Masih pernyataan Prakirawan masyarakat diharapkan dapat mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan, seperti menghindari beraktivitas di luar ruangan saat hujan lebat, mewaspadai potensi banjir di daerah rendah, serta memperhatikan stabilitas pohon dan bangunan di sekitar tempat tinggal.

Pemerintah daerah dan instansi terkait juga diharapkan dapat meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi potensi dampak cuaca ekstrem ini.

Dialeksis.com akan terus memantau perkembangan situasi dan memberikan informasi terbaru terkait kondisi cuaca di Aceh. Tetap waspada dan utamakan keselamatan!

Keyword:


Editor :
Redaksi

kip
riset-JSI
Komentar Anda