Beranda / Berita / Waskita Karya Siapkan 4 Masjid untuk 164 Ribu Jemaah Salat Idul Adha

Waskita Karya Siapkan 4 Masjid untuk 164 Ribu Jemaah Salat Idul Adha

Senin, 17 Juni 2024 14:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Karyawan beraktivitas disekitar logo PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT). Foto: Bisnis/Abdurachman


DIALEKSIS.COM | Jakarta - PT Waskita Karya (Persero) Tbk menyiapkan empat masjid megah yang telah dibangun dan direnovasi untuk menampung total sekitar 164 ribu jemaah dalam melaksanakan Salat Idul Adha 1445 H pada Senin, 17 Juni 2024 mendatang. Keempat masjid tersebut adalah Masjid Istiqlal (Jakarta), Masjid Baiturrahman (Aceh), Masjid Baiturrahman (Semarang), dan Masjid Sheikh Zayed (Solo).

"Waskita telah membangun dan merenovasi sejumlah masjid di Indonesia dengan berbagai fasilitas penunjang ibadah yang aman serta nyaman bagi umat Muslim," kata SVP Corporate Secretary Waskita Karya Ermy Puspa Yunita, Minggu (16/6).

Dalam proses pembangunannya, Waskita memperhatikan nilai sejarah dan latar belakang berdirinya masjid-masjid tersebut. Perseroan juga menerapkan inovasi ramah lingkungan dan teknologi modern untuk mempercepat pengerjaan.

Seperti Masjid Istiqlal yang direnovasi 2019-2021, Waskita memperbarui tata pencahayaan dengan teknologi kekinian sehingga kubah masjid berkapasitas 120 ribu jemaah itu bersinar di malam hari.

Sementara Masjid Baiturrahman Aceh yang mampu menampung 24.405 jamaah, dikembangkan menyerupai Masjid Nabawi dengan 12 payung raksasa dan pepohonan kurma di halaman. Kini, masjid itu menjadi destinasi wisata religi dan budaya Aceh.

Kemudian, Masjid Baiturrahman Semarang yang mengusung konsep smart building. Dengan sistem Building Automation System, proses pembangunannya yang berkapasitas 10 ribu jemaah hanya membutuhkan 11 bulan.

Terakhir, Masjid Sheikh Zayed Solo yang dibangun dalam 17 bulan sejak Mei 2021 lalu. Masjid berkapasitas 10 ribu jemaah ini menyerupai Masjid Sheikh Zayed Abu Dhabi, namun tetap memadukan ciri khas Solo seperti motif batik pada lantai dan karpet.

Waskita berharap keempat masjid ini bukan saja untuk ibadah, tetapi juga mempererat silaturahmi antar umat Islam. Serta, meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar lewat UMKM yang menjadi daya tarik wisatawan.

"Diharapkan UMKM di keempat masjid dapat memberikan manfaat ekonomi berkelanjutan bagi masyarakat. Waskita berkomitmen mendukung pembangunan infrastruktur bermutu di Indonesia," pungkas Ermy.

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda