Beranda / Berita / Warga Blang Bladeh Belum Puasa Hari ini

Warga Blang Bladeh Belum Puasa Hari ini

Senin, 06 Mei 2019 15:41 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Fajrizal

DIALEKSIS.COM | Bireuen - Pemerintah telah mengumumkan 1 Ramadan 1440 Hijriah jatuh pada Senin 6 Mei 2019 setelah dilakukannya Sidang Isbat di Kantor Kementerian Agama, namun ada sebagian masyarakat yang belum menjalani ibadah puasa pada hari ini.

Setidaknya warga dari 12 gampong di Kemukiman Blang Bladeh Kecamatan Jeumpa belum melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 1440 H hari ini karena hilal belum kelihatan.

Pantauan Dialeksis.com di kawasan Blang Bladeh, Senin (5/6/2019), sejumlah warung kopi, warung makan, dan makanan siap saji, masih buka dan melayani pembeli. Terlihat masyarakat masih nongkrong sambil menikmati makanan.

Sejumlah masyarakat mengakui belum berpuasa lantaran mengikuti Abu Tumin Ulama Kharismatik setempat. Dari pendapat Abu Tumin, hilal belum tampak sehingga masyarakat Blang Bladeh tidak melaksanakan puasa hari ini.

"Kami di sini mengikuti Abu Tumin, beliau besok Selasa (6/5/2019) baru puasa pertama. Karena hilal belum nampak," kata Tgk Athaillah, masyarakat setempat.

Meskipun demikian, kata dia mengutip perkataan Abu Tumin, mereka diminta Abu Tumin untuk menghargai orang yang melaksanakan ibadah puasa hari ini.

Dari beberapa kecamatan lainya di Bireuen seperti Kecamatan Gandapura, Kutablang, Peusangan, Jangka serta sejumlah kecamatan lainnya mengikuti ibadah puasa seperti yang telah ditentukan pemerintah.

Di kecamatan-kecamatan yang melaksanakan ibadah puasa seperti yang ditentukan pemerintah, warkop maupun toko makanan dan minuman ditutup. (Faj) 


Keyword:


Editor :
Makmur Dimila

Berita Terkait
    riset-JSI
    Komentar Anda